Menarik Petilasan Syekh Maulana Ishak di Situbondo



Teropong Timur News,
Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Situbondo mengundang khayalak umum dalam kegiataan Diskusi dan Bedah Buku ‘Seri Cerita Rakyat Situbondo Legenda Syekh Maulana Ishak’’. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis (5/12/2019) di Aula Lantai 2 Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Situbondo ini berlangsung cukup antusias salah satunya tokoh masyarakat yang hadir dari desa Kotakan Anas Wijaya dan beberapa  tamu lain. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi kaum milenial sehingga menambah minat baca agar mampu memunculkan ide kreatif dan tertuang menjadi sebuah karya ilmiah demi membangun Situbondo lebih maju, hal ini disampaikan Ibu Made selaku ketua Panitia diacara tersebut. Menurutnya pengaruh kemajuan teknologi saat ini karena dampak internet selain dari sisi postif yaitu kemudahan memperoleh akses informasi. Namun jangan lupa sisi negatifnya berpengaruh besar terhadap perpustakaan, ini menyebabkan kurangnya minat baca terutama bagi kaum milenial. Akhirnya karena problematika tersebut Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Situbondo berinisiatif membangun kembali minat baca baik dari generasi milineal  generasi iGen/Gen Z generasi Gen X ataupun generasi Baby boom dengan kata lain sebelum atau sesudah generasi milenial. Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Situbondo mengajak putra daerah Situbondo yaitu  Joko Kussuharto  dan Achmad Nur untuk menjadi nara sumber dalam pagelaran acara bedah buku tersebut.

Hal yang paling menarik diceritakan sejarah awal masuknya Syekh Maulana Ishaq ketika berkelana ke arah barat hingga ke Bumi Solawat Nariyah  Selama dalam perjalanan dia menyebarkan ajaran Islam. Dan di Situbondo, ada tiga tempat yang diyakini sebagai tempat petilasan Syekh Maulana Ishaq. Yakni di Bukit Bantongan, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan; Bukit Tampora, Kecamatan Banyuglugur serta di Bukit Pecaron, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.Tak hanya itu saja buku tersebut juga mengangkat budaya lokal masyarakat Situbondo beserta kuliner khas Situbondo.

Pewarta : Rina Yuniar
Editor : Yadik

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts