Pemkab Jember Gelar Festival Tani 2019



TEROPONG Jbr - Penyelenggaraan Festival Tani Kabupaten Jember tahun 2019 sekaligus pemberian bantuan berlangsung di Ponpes An-Nidhomiyah Dusun Lamparan, Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari, Kamis (5/12/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Jember dr. Faida MMR, Perwakilan dari Kementrian Pertanian, Dandim 0824, Muspika, kelompok tani dan kelompok HIPPA dari tiga Kecamatan yaitu Jelbuk, Arjasa dan Pakusari.

Dalam sambutannya Bupati Jember dr Hj. Faida MMR mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Festival Tani Kabupaten Jember tahun 2019 untuk menyelesaikan program-program yang berhubungan dengan petani dan keluarganya. "Hari ini kita membagikan 44 ribu kartu tani dari program pusat dan Pemkab Jember juga bertugas untuk mengawal program pusat tersebut, bantuan kepada petani ini termasuk program ASINTAN supaya jelas bahwa, tidak ada program-program suap menyuap maupun pelicin. Semua program yang menggunakan APBD Jember tidak dipungut biaya sepeserpun.” ujarnya.

Lebih jauh Bupati mengatakan bahwa hari ini kita juga melantik Gapoktan dan pengurus HIPPA yang baru, karena sudah dilakukan verifikasi setelah sejak 2015 tidak ada verifikasi. Hal ini dilakukan agar supaya lembaganya tetap aktif dan bisa dipertanggung jawabkan sehingga kedepan mempunyai akses yang jelas kepada para petani termasuk untuk menyalurkan bantuan serta memudahkan untuk memetakan tumbuhnya pertanian di Jember. Dengan adanya pendataan yang baik melalui kartu kelompok tani ini bisa menjadi satu alat komunikasi antara Pemerintah dan petani dengan perlindungan bagi kepentingan-kepentingan petani dengan bantuan tepat sasaran, tepat mutu, tepat waktu dan tepat manfaat.

Pengurus HIPPA dan Gapoktan yang baru kita kukuhkan melalui SK Bupati dari hasil verifikasi. "Dari hasil verifikasi tersebut ada beberapa kelompok yang tidak lagi diberikan SK, karena pengurusnya sama sekali tidak aktif atau tidak memiliki lahan minimal 25 ha dalam kelompok tersebut atau kedua-duanya tidak memenuhi syarat, "urai Bupati.

Bupati menambahkan bahwa hari ini juga ada rombongan khusus dari kementrian pertanian yang hadir dalam festival tani, ini sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat kepada Pemkab Jember. “Kehadiran rombongan dari Kementrian pertanian adalah untuk memetakan bagaiman sinergi antara pusat dan daerah dalam membantu petani termasuk kelompok-kelompok petani hutan yang selama ini belum mendapatkan perhatian seperti kelompok tani yang sekarang ini, " tandasnya. (*)

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts