Haul Guru Sekumpul
Posko Astambul Kabupaten Banjar Mulai Ramai Disinggahi Peziarah,

Martapura.www.teropongtimur.co.id

 
 
Suasana di rest area di Desa Pasarjati, Kecamatan Astambul, yang mulai ramai disinggahi jemaah haul dari arah Hulu sungai, Jumat (28/2) malam.
 Hampir seluruh ruas jalan menuju kawasan Komplek Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), tempat pusat kegiatan pelaksanaan haul akbar ke-15 Al-Alimul al-Alamah al-Arif Billaah al-Bahrul Ulum al-Waliy Qutb al-Mukarram Maulana as-Seykh Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjary (Abah Huru Sekumpul) kian dipadati jemaah.

Mereka ingin mengikuti haul yang digelar mulai Sabtu (29/2/2020) hari ini dan puncaknya pada Minggu (1/3/2020). Lalu lintas dari arah Hulu sungai cukup padat sejak Jumat (28/2/2020) siang hingga tengah malam hingga Sabtu dinihari.

Kalangan relawan di luar Kota Martapura di jalur Hulusungai pun mulai sibuk melayani para jemaah haul sejak Jumat pagi hingga Sabtu pagi saat ini. Sejumlah posko/dapur umum yang terdaftar maupun yang tak terdaftar di Posko Induk menyediakan makanan dan minuman kepada jemaah.

Contohnya Posko di tepi jalan A Yani di Desa Pasarjati, Kecamatan Astambul. "Bersama-sama kami ingin turut serta mendukung dan menyukseskan pelaksanaan haul. Karena itu kami mendirikan posko makanan gratis untuk menyambut jemaah haul," ucap Majid, salah satu relawan di Posko Makanan Gratis di Pasarjati.


Ia menuturkan dengan didirikannya posko makanan gratis, jemaah yang datang dari arah Hulu sungai yang kelelahan dapat mampir untuk beristirahat sejenak sembari menikmati makanan dan minum yang sudah tersedia.

Dikatakannya setelah waktu isya, Jumat malam, posko setempat menyediakan makanan gratis. "Sekitar tiga jam kami buka, alhamdulillah sekitar 50 kg beras dan 1.000 butir telur yang dimasak warga hampir habis disantap para jemaah yang mampir," ucapnya.

Di tempat sama, Hadrianoor salah satu jamaah Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul yang datang dari Kota Paringin (Kabupaten Balangan) merasa bersyukur dan terbantu dengan banyak rest area yang tersedia di beberapa titik ruas Jalan A Yani.

Ia berkendara roda dua berboncengan dengan sang adik. "Alhamdulillah, sepanjang perjalanan kami banyak mendapati rest area dan nyaman singgah ketika sudah penat berkendara. Termasuk saya singgah di posko di Pasarjati ini." tandasnya.

Pewarta:Mariana
Publisher:Bambang Hendro.
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts