Pemkab. Jember Berikan Bantuan Korban Banjir


TEROPONG Jbr - Intensitas turun hujan tinggi yang melanda kawasan Kabupaten Jember kota pada Kamis (6/2/2020) sore hingga malam hari, membuat beberapa wilayah di kawasan kota mengalami banjir genangan air, diantaranya di kelurahan Sempusari di sekitar Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Meningkatnya ketinggian air yang mencapai lutut dan bahkan sampai sepanggul orang dewasa ini menyebabkan setidaknya puluhan rumah tinggal tergenang air, bahkan banyak air yang masuk ke rumah warga menyebabkan beberapa alas tidur serta perabotan rumah tangga terendam air yang mengakibatkan ratusan jiwa yang tidak bisa tidur. 
Berdasarkan kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Jember berupaya untuk membantu kesulitan warganya dengan memberikan dan menyalurkan bantuan untuk meringankan kesulitan warganya.
Bupati Jember dr. Faida MMR, bersama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah, Jumat (7/2/2020) langsung mendatangi lokasi terdampak banjir genangan, dengan memberikan bantuan sembako, kasur dan juga selimut kepada ratusan warga.
Kepada awak media Bupati mengatakan “Hari ini kami memberikan bantuan kasur, selimut dan sembako kepada warga, tadi ada juga warga yang belum masak nasi, karena tungku dan kompornya juga terendam, dan kami sudah memerintahkan Dinsos untuk mendata, dan mengirimkan bantuan makanan karena tidak diperlukan dapur umum, juga ada beberapa anak-anak yang bukunya rusak terendam banjir, sepatu dan seragamanya juga rusak, hari ini juga kami berikan hak anak-anak tersebut, agar besok bisa sekolah kembali,” ujar Bupati.
Selain memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir genangan, Bupati juga meminta kepada dinas terkait untuk segera melakukan koordinasi dengan mencari penyebab banjir, jangan sampai ketika hujan kembali turun, warga mengalami dampak yang terulang.
Lebih jauh Bupati mengatakan “Hujan ini kan tidak bisa diprediksi, dan mereka (warga,) tidak mungkin akan pindah, oleh karena itu, kami meminta agar dinas terkait, seperti PU Bina Marga, dan juga pihak kampus dan juga warga, saling bekerjasama untuk mengantisipasi banjir susulan, kalau sekiranya karena saluran irigasi, segera ditangani, agar warga tidak was-was saat hujan turun,” perintah Bupati.
Sementara itu salah satu warga yang tinggal di kawasan Pesantren yang ada di dekat kampus IAIN mengatakan bahwa henangan air ini juga menyebabkan banyak kasur dan juga buku-buku milik mahasiswa dan santri yang basah terendam sehingga kami tidak bisa tidur, sebagian ada yang mengungsi tidur di musola,” ujarnya. (*)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts