Petani Desa Badean Menjerit Krisis Air Gara-Gara Draenase Masuk Areal Bandara Udara Blimbingsari




Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id


Desa Badean Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi salah satu areal persawahan yang paling luas yang terkena pembebasan Bandar udara Blimbingsari.

Di Desa Badean itu sendiri terdapat banyak embung air yang Samapi saat ini keberadaanya masih eksis mengairi sawah sawah petani.

Embung embung air yang di kenal bernama Dam yang di bangun oleh dinas pengairan ,seperti dam Durahaman, dam sekaitan dan dam suren adalah embung air yang di kelola oleh himpunan Petani pemakai air (hippa) mitra tani yang di ketuai oleh H. IKSANk berdasarkan surat keputusan (SK) kades NURSAMSI.

Salah seorang petani bernama MASDUKI kepada awak media teropong timur news, TAUFIQ mengeluhkan tentang kondisi krisis air diwilayah cinci akibat draenase yang ada di dalam areal bandar udara Blimbingsari kering, dan mengancam tidak akan bayar pajak cetusnya .

Ketua himpunan Petani pemakai air (hippa) mitra tani H IKSAN ditemui awak media teropong timur news dan tinjau lokasi 8 Februari 2020 ternyata benar bahwa draenase yang masuk areal bandara Blimbingsari kering total, bahkan pintu grenase tidak tampak sama sekali akibat rumput yang tumbuh liar.

H. IKSAN mengatakan bahwa debit air yang mengalir dari draenase yang ada didalam bandar udara Blimbingsari tersebut minim, tidak bisa mencukupi areal sawah di sekitarnya bahkan ada sawah yang tidak bisa produktif sama sekali, karena draenase yang terkurung didesa bandar udara Blimbingsari tersebut masyarakat petani tidak bisa mengontrol .

Kejadian krisis air sawah petani sebenarnya sudah disampaikan oleh ketua Gapoktan MUJAMIL gara gara draenase yang ada didalam bandar udara Blimbingsari kepada pemerintahan desa badean, bahkan juga kepada dinas terkait termasuk ke pihak dinas perhubungan.

Dari pihak BPD bagian pemerintahan desa(pemdes) HISOMUDIN di konfirmasi awak media teropong timur news lewat telpon mengatakan bahwa terkait keluhan petani tersebut ,pada saat acara reses wakil ketua DPRD dari partai Demokrat sempat di usulkan dimintai bantuanya terkait keluhan masyarakat petani di cinci .

Patut di sayangkan keberadaan draenase yang terkurung didalam areal bandar udara Blimbingsari tersebut tidak bersinergi dengan lembaga yang ada di Desa khususnya himpunan Petani pemakai air (hippa) ,dan dari hasil infestigasi di lapangan ternyata lokasi draenase banyak yang rusak bahkan tidak dibangun sama sekali ,padahal aset milik desa terbesar adalah sumber air dan anggaran yang di gelontorkan oleh pemerintah membangun draenase tidak sedikit jumlahnya.

Pewarta, Taufiq
Editor:Buang Arifin
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts