Proses Pelaksanaan Rantang Kasih Dari Anggaran APBdes 2019 Desa Badean Amburadul




Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.


Anggaran uang negara APB Des DD/ADD tahun 2019 yang direncanakan sebesar 80 juta untuk program makanan siap saji dan bergizi bagi orang tua dan miskin yang populer di sebut rantang kasih,

Didesa Badean Kecamatan blimbingsari Kabupaten Banyuwangi, diduga pelayanannya rantang kasih kurang memuaskan dan tidak memenui sesuai anggaran yang sudah menjadi keputusan, atau asal-asalan alias amburadol.

Sekretaris Desa (Sekdes) desa Badean RUSLAN EFENDI kepada awak media teropong timur news, TAUFIQ menjelaskan, bahwa rencana anggaran 80 juta rupiah bukan semuanya untuk program rantang kasih, justru untuk rantang kasih terjaring 106 penerima dengan ketentuan nilai 15 ribu rupiah dipotong pajak 2100 rupiah tinggal 12900 rupiah yang diserahkan kepada penerima rantang kasih.

Dari empat (4) dusun di Desa Badean cungkingan dapat jatah 43 rantang kasih., Dusun Donosuko 19 rantang kasih., Dusun Jatisari dan Krajan 44., rantang kasih, ternyata pelaksana program tersebut dikelola kepala dusun dan Jatisari serta Krajan oleh bendahara desa .

Kasus yang menjadi sorotan masyarakat ada diwilayah Krajan dan Jatisari yang di kelola oleh bendahara desa bapak WAHIDNI sebanyak 44 penerima dan sempat di foto dan di rekam menu sajiannya yang dianggap tidak sesuai standar nilai harga yang di berikan penerima rantang kasih.
Masyarakat sempat menemukan dugaan dugaan korupsi hak orang miskin sebanyak 44 porsi, salah satunya penerima bernama kakek BAWEH menu yang di sajikan oleh oknum pelaksana hanya 2 tempe goreng, 1 tahu goreng, 1 ikan Lemuru goreng dan sayur santan serta nasi putih yang ditafsir nilainya tidak mencapai ketentuan program sebesar 12900 rupiah. "bahkan ada yang mengatakan nilai makanan siap saji tersebut kisaran 5000 sampai 6000 rupiah, itu kan sudah curang atau korupsi hak orang  miskin kata salah satu masyarakat yang tidak mau di sebut namanya .

Gaduh serta mencuatnya kasus rantang kasih dari anggaran uang negara untuk masyarakat miskin berupa makanan siap saji tersebut membuat pihak terkait monef dinas sosial kabupaten Banyuwangi turun ke lapangan atas pengaduan masyarakat lewat respon Banyuwangi .

Paska proses monef dinas sosial bagian rantang kasih wilayah kecamatan Blimbingsari untuk desa Badean, oh ternyata oknum oknum pelaksana program memperbaiki citranya dengan menyajikan menu menu yang lebih baik dan diser di instansi terkait seperti kecamatan,... pertanyaanya, kok ada rantang kasih susulan apa maksudnya, padahal rantang kasih hanya 20 hari dan sudah selesai .

Dengan adanya menu yang berbeda jauh rantang kasih susulan berarti ada dugaan kuat terjadi kecurangan atau korupsi harga, dan itu hak orang jumpo, tua renta, kaum duafa yang dari uang negara,
"ini salah satu perbuatan yang tidak terpuji menghancurkan nama baik program unggulan bupati Abdulah Azwar Anas .

Dengan munculnya rantang kasih susulan yang memamerkan menu menu bergizi yang diser oleh pihak pemerintahan desa ke kecamatan dengan diam diam ada dugaan sudah tidak beres .

Data yang di dapat awak media teropong timur news, TAUFIQ, bahwa program unggulan bupati Banyuwangi rantang kasih diwilayah kecamatan Blimbingsari mendapat jatah 40 penerima dan sudah terdeteksi dalam data bis, dan desa Badean dapat 3 penerima rantang kasih dari kecamatan, sedang yang jumlahnya 106 penerima rantang kasih didesa Badean tersebut, dinas sosial tidak punya data, hal tersebut di katakan oleh stap dinas sosial bapak HERI, Jumat 21 Februari 2020 bersama awak media teropong timur new Taufiq.

Munculnya foto sajian makanan siap saji yang penuh gizi dalam rantang kasih susulan paska pemeriksaan pihak monef dinas sosial berarti sudah terbukti pelaksanaan program rantang kasih dari anggaran uang negara APBdes DD/ADD tahun 2019 oleh oknum bendahara desa sebanyak 44 yang di temukan warga secara tidak mungkin pengelola kegiatan yang mendapat kepercayaan dari penanggungjawab anggaran, yaitu kades sudah tidak beres, 

"hal tersebut tidak lepas dari lepasnya kontrol BPD, karena masyarakat sudah menilai telah terjadi perbuatan curang terhadap masyarakat miskin dari uang yang sudah dianggarkan untuk kepentingan warga penerima rantang kasih, justru disunat untuk kepentingan diri sendiri, 

Sampai diunggahnya berita ini karena banyak keluhan-keluhan warga penerima rantangan kasih yang merasa pemberiannya itu terkesan tidak layak dengan harga yang sudah menjadi keputusan

pewarta,Taufiq
Editor: Buang A 
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts