Menumbuh Kembangkan Rasa Nasionalisme. Ditbinmas Polda Bali Gelar Kegiatan FPG




Polda Bali,www.teropongtimur.co.id.


Maraknya penyebaran konten konten di Media Sosial yang berbau Hoax, Hate Speach (Ujaran Kebencian), dan SARA hingga aksi Bullying terhadap seseorang atau suatu Komunitas yang semakin hari semakin marak, meski Pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi hingga penerapan aturan Perundangan Undangan yaitu UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) namun sepertinya tidak dapat memberikan efek jera sepenuhnya kepada netizen maupun para pengguna Media Sosial untuk mengulangi melakukan pelanggaran UU ITE, bahkan yang lebih parah lagi adalah maraknya video video yang menyebarkan paham radikal, meskipun secara tidak langsung namun dilakukan dengan menayangkan adegan penghinaan, pengrusakan, pembakaran hingga pemusnahan/ genoside etnis atau komunitas yang dianggap sepemahaman, se agama, dan atau se aliran dengan kelompok kelompok yang mengatasnamakan garda terdepan pembela kaumnya, dan ini dengan mudah menyulut amarah dan dukungan dari mayoritas warga komunitasnya sehingga dampaknya adalah secara tidak langsung telah menanamkan bibit bibit kebencian, dendam dan rasa fanatisme yang berlebihan yang berujung pada aksi aksi radikalisme. 

Bertempat di Hotel Nirmala Jln. Mahendradata No.81 Denpasar, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Bali selenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Quick Wins POLRI GIAT 1 tentang (Penertiban Dan Penegakan Hukum bagi Organisasi Radikal Dan Anti Pancasila) dengan komunitas masyarakat. Kamis, (12/3/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur Binmas (Wadirbinmas) Polda Bali AKBP. Dra. Ni Wayan Sri Y., S.IK selaku Penanggung Jawab kegiatan dan didampingi oleh Kepala Bagian Bimbingan Operasional (Kabagbinopsnal) Ditbinmas Polda Bali AKBP. Ni Kadek Suprapti selaku Ketua Pelaksanaan. 

Adapun Materi  yang diberikan adalah antisipasi kelompok Radikal dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Provinsi Bali dan untuk mengantisipasi penyebaran Berita Hoax dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Bali dengan Moderator yaitu Kepala Sub Direktorat Bhabinkamtibmas  (Kasubdit Bhabinkamtibmas) AKBP. Dewa Nyoman Megawase, Komunitas masyarakat yang hadir adalah Pecalang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat, Anggota Polri dari Satuan Kerja Polda Bali dan Satuan Wilayah Polres Polres sejajaran Polda Bali, para perwakilan Bhabinkamtibmas  dengan peserta sebanyak 120 orang dan panitia dari staff Ditbinmas Polda Bali sebanyak 20 orang. 

Adapun metode dalam kegiatan FGD ini yaitu dengan memberikan paparan materi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

Tujuan diadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini adalah dalam rangka mengantisipasi situasi Keamanan dan meminimalisir  berkembangnya kelompok Radikal dan Anti Pancasila melalui pendekatan dengan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat sekaligus untuk menghimbau kepada warga Masyarakat agar tetap sinergi dengan aparat Keamanan turut serta menjaga Kondusifitas Situasi Keamanan di wilayah Hukum Polda Bali menjelang pelaksanaan Pemilukada serentak Tahun 2020.
Reporter: Made Arzi
Editor: Buang Arifin
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts