Pengawasan Ketat Tim Kompak Desa Kalisalam Hentikan Covid-19, Demi Keselamatan


 
Probolinggo, www.teropongtimur.co.id

Pengawasan ketat di setiap RT/RW se-Indonesia mampu memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Indonesia harus mampu memanfaatkan organisasi pemerintahan yang bagus ini untuk mencegah penularan masif. Pergerakan manusia di tingkat RT/RW bisa dibatasi jika ada kemauan setiap Gubernur, Bupati serta Walikota.

Hari Minggu  (12 April 2020 ) terlaksana  penyemprotan disinfektan penumpasan Covid-19 di desa Kali Salam, Kecamatan Dringu , Kabupaten Probolinggo sekitar pukul 08.00 hingga sore hari. Program penyemprotan tersebut dilaksanakan oleh desa bersama Tim Kompak Desa Kali Salam, Salah satunya dengan anggota Tim "GROGOL BISA" sebagai pelaksana pemandu siaran mengenai wabah Covid-19 dan penyemprot disinfektan di desa tersebut. Didampingi oleh seorang  Babinsa (ARIS PURNOMO) dengan penuh semangat Tim Kompak Desa Kali Salam tersebut menyemprot kesemua wilayah dengan sangat merata, semua gang terkecilpun dimasuki untuk mendapatkan semprotan disinfektan. Semua itu karena tujuan melibas tuntaskan Covid-19 yang berbahaya ini.

Indonesia memiliki dua organisasi besar yang tegak lurus, pusat hingga Desa dan Kelurahan, yakni Polri dan TNI. Sumber daya yang banyak ini harus bisa dikerahkan bersama-sama karena Indonesia sudah masuk dalam medan perang melawan corona alias Covid-19.

Kami sedang mengkarantina 1 orang yg berasal dari desa kami yang statusnya pekerja di Bali, sedangkan untuk pasien karantina kami yang lain sudah kami tempatkan di pos pemantauan sebanyak 13 orang", demikian penyampaian Babinsa (Aris Purnomo) kepada awak media saat diwawancara.

Media juga mendatangi Kepala Desa Kali Salam (Sukur Sudiono) untuk meminta keterangan, dan beliau menjelaskan  bahwasanya Program Penyemprotan ini akan dilaksanakan setiap dua minggu sekali, hari ini adalah hari kedua kalinya terlaksana penyemprotan. Dan terlaksananya kegiatan ini dibiayai dengan adanya dana tak terduga.

Sementara itu berdasarkan pengamatan gerakan dari bawah sebagai sebuah kesadaran masyarakat mencegah penularan Covid-19 terlihat pada kegiatan warga di banyak pelosok seluruh desa. Mereka melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di lingkungannya sebagai episentrum penyebaran Covid-19. Masyarakat semakin sadar dan tertib dalam menjalankan physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satu wujudnya semakin banyak masyarakat yang terapkan imbauan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Saat ini suasana desa Kali Salam lengang, artinya masyarakat makin hari makin menyadari pentingnya untuk tetap berada di rumah.

Menurut Arman Kacung (tokoh masyarakat desa Kali Salam) virus corona melalui rapid test atau pemeriksaan cepat dan massal serta penelurusan kontak yang cepat tidak akan berhasil apabila tidak melibatkan berbagai elemen masyarakat.
Paling tidak mereka dapat menerapkan imbauan pemerintah dalam upaya mencegah sebaran virus corona semakin meluas. Di antaranya, melakukan physical distancing dengan menjaga jarak yang aman, tidak melakukan kegiatan yang melibatkan kerumunan massa dan tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman.
Tidak hanya itu, masyarakat juga mampu menerapkan kebijakan untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pemerintah meminta harus melibatkan semua potensi yang ada di kelurahan, seperti PKK, Karang Taruna, Posyandu, RT/RW, termasuk juga relawan-relawan yang diorganisir.
Mengapresiasi adanya beberapa gerakan masyarakat yang telah turut menyosialisasikan dan memasyarakatkan physical distancing atau jaga jarak aman, yang akan terus mengingatkan semua pihak untuk displin melaksanakan hal itu.

"Karena hanya dengan kedisiplinan yang kuat kita dapat mencegah penyebaran Covid-19. Percayalah kita bangsa besar, kita bangsa petarung, bangsa pejuang, insyaallah kita bisa dan mampu menghadapi tantangan global yang berat saat ini,
Agar imbauan dan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah dapat diterapkan dengan baik oleh masyarakat sampai ke tingkat kelompok paling kecil, gubernur diberikan kewenangan untuk melakukan penegakan hukum. Percepatan Penanganan Covid-19 diharapkan dapat menjalankan fungsi kontrol dan pengawasan serta pencegahan Covid-19. Dengan demikian ada pengawasan ketat agar masyarakat dapat menerapkan imbauan dan kebijakan dalam upaya mencegah penularan virus corona dengan baik".
Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan melakukan lockdown sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan virus semakin meluas, melainkan dengan menerapkan kebijakan physical distancing.
Namun, untuk melakukan kebijakan ini dibutuhkan sebuah kedisiplinan yang kuat dan ketegasan yang tinggi. Jokowi pun meminta agar isolasi parsial dapat dilakukan bagi kelurahan atau RT/RW yang rawan infeksi virus corona. Dan sangatlah perlu kedisiplinan untuk mengisolasi.

“Segera lakukan pendataan sampai ke level desa terhadap siapa saja yang baru datang dari daerah yang terinfeksi atau dikatakan Zona Merah". Dengan tetap tinggal di rumah masyarakat yang saat sehat tidak akan tertular dan bagi yang sakit kalau tetap tinggal di rumah dia tidak akan menularkan, sehingga dalam waktu dua minggu atau satu bulan sesuai inkubasi, virus akan berhenti dengan sendirinya. Pasalnya penyebaran virus Covid-19 ini mulai dari kontak fisik atau bersentuhan. Maka, paling efektif pemerintah mengatur pergerakan warga supaya tidak berdekatan atau tidak berhubungan sementara. Apabila social distancing serempak dikerjakan maka dalam waktu sebulan akan reda semua. Namun, ini harus diawasi aparat dari Polri hingga RT dan RW. Jadi kalau ada yang kumpul-kumpul atau keluar rumah bukan urusan mendesak", selanjutnya itu ujar Sri Ayu (relawan dari GROGOL BISA).

Pewarta : Maya
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts