Panitia Penjaringan Langgar Aturan, warga Minta Camat Tak Merekom





Situbondo,www.teropongtimur.co.id.


Pada Hari Rabu tanggal 22 April 2020. Warga Dusun Cotek Kecamatan Banyuputih mendatangi bapak camat diruang kerjanya untuk mengkonfirmasi terkait Kepala Dusun (Kasun) Desa Cotek, akan tetapi pak camat tidak ada ditempat/ruang kerjanya, hasil konfirmasi tersebut di terima oleh sekretaris camat (sekcam) H. DIDIK, untuk dilakukan mediasi.

Dalam mediasi tersebut  disaksikan oleh Sekcam Banyuputih, H. DIDIK dan Kepala Desa (kades) Sumberwaru, Bapak IMAM. 

Hadir pula dalam mediasi, dari Satuan Polisi Pamong praja (satpol PP) Pak SUM.,  perwakilan dari warga setempat, SUDIONO, SUDARWADI, dan SUHARI yang didampingi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Media Teropong Timur News, MARSUKI dan WAHID

Dimana pada tanggal 23-26  Maret 2020 Panitia Pilihan Kepala Dusun (pilkasun) Desa Sumberwaru melakukan penjaringan calon anggota kepala dusun Cotek yang melalui jalur tes tulis. dalam kompetisi uji tulis tersebut terpilih 3 orang kandidat, yakni: SAKIR., FIRDAUS., dan MUHAMMAD MUNAKIB. dalam kompetisi uji tulis nilai tertinggi adalah MUNAKIB, akan tetapi Setelah disinyalir oleh warga ternyata usia MUNAKIB melebihi dari 42 tahun. "hal ini terjadi membuat warga dusun cotek tidak terima, karena warga merasa dibohongi dan panitia pemilihan tidak transparan pada saat pendataan/ penerimaan calon kepala dusun tersebut.

Dalam hal ini, telah melanggar aturan  perbup yakni pada bab V tentang pengangkatan perangkat desa pada pasal 17 no 2.e. yang menyatakan calon perangkat desa  harus berusia 20 tahun sampai dengan 42 tahun. Sementara calon yang terpilih (MANAKIB)  bertanggal lahir 29 Mei 1977 jika dihitung  pada saat  akhir pendaftaran yakni pada tanggal 26 maret 2020 yang bersangkutan telah berumur 42 tahun lebih 10 bulan. dimana dalam undang-undang perbup  maka yang bersangkutan tidak Shah telah melanggar aturan  secara administratif. Warga merasa keberatan, oleh karena MUNAKIB sudah aktif di desa padahal yang bersangkutan belum dilantik.

" Oleh Kepala Desa (Kades) Sumberwaru, IMAM menjawab,  bahwa pak MUNAKIB  yang berumur 42 tahun lebih 10 bulan itu dihitung tetap berumur 42 tahun dan berhak untuk menduduki sebagai kepala dusun (kasun) di dusun cotek.

Sesuai dengan petunjuk dari Kabid dan Wakil rakya/DPRD dari Komisi 1. juga Warga dusun cotek mengaku tetap keberatan apabila calon terpilih (MUNAKIB- red) tetap menjabat sebagai kepala dusun cotek. "meminta kepada kepala desa (kades) untuk berfikir kembali. "Jelasnya

Dari hasil usulan tersebut, Kepala desaa menyetujui untuk melakukan mediasi kembali dengan warga Dusun Cotek Yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.


Pewarta : marsuki
Editor: Buang Arifin
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts