Wartawan Jangan Terlambat Dalam Menyajikan Berita Agar Tidak Menjadi Berita Basi




Bondowoso opini,www.teropongtimur.co.id.


Etika jurnalis dalam kewartawanan untuk menulis opini atau pendapat pribadinya terhadap suatu persoalan atau obyek dalam berita dipublikasikan olehnya, wartawan tidak boleh berpendapat, tetapi harus menyampaikan pendapat orang yang berkaitan dengan gagasan berita, karena perlu diingat, wartawan adalah buruh masyarakat sebagai penyambung lidah rakyat tentunya haruslah memenuhi kebutuhan informasi yang benar pada masyarakat baik media cetak, online, radio, televisi, atau media elektronik lainnya.

Dalam wartawan tentu akan muncul berbagai pertanyaan berkaitan dengan objek berita. Ini disebabkan sikap skeptis atau meragukan segala hal yang diterimakanya dan mepertanyakan ulang kebenarannya. Dengan sikap ini, wartawan memang akan mengalami kemajuan yang bagus untuk mengumpulkan fakta dan keterangan yang mendekati kebenaran.

"Jika sikap kritis itu muncul, maka jalan keluarnya adalah wartawan pergi ke pakar atau orang yang ahli / berkompenten di bidangnya. Tanyakan hal-hal yang menurut wartawan perlu dikritisi. Namun disarankan, wartawan jangan berhenti atau merasa cukup dengan satu pendapat, jika ingin mendekati kebenaran fakta. Tanyakan pula pada sumber-sumber lain yang berkaitan. Dengan cara ini, wartawan akan meperoleh gambaran atau kontruksi persoalan yang sebenarnya.
Dalam praktinya, wartawan akan banyak varian dan cara untuk menggunakan kalimat yang mengandung opini. Seperti yang sudah dikemukakan, wartawan boleh menyampaikan pendapat orang lain atau narasumber, tetapi tidak boleh memasukan atau menulis opini pribadi si wartawan dalam berita. Karena itu muncul berbagai varian kalimat seperti menggunakan kata menyatakan, mengatakan, menduga dan sebagainya. Atau wartawan menggunakan kutipan langsung untuk menegaskan opini narasumber dalam berita tersebut.

Opini Adalah salah satu kata yang hampir selalu berdampingan dengan kata fakta dan keduanya memliki perbedaan yang sangat jelas dan artikel kali ini tujuannya juga untuk menjelaskan keduanya baik dari sisi pengertian maupun melalui contoh - contoh kalimat opini dan fakta untuk membedakan antara keduanya.

"Metode atau cara yang dilakukan untuk memperoleh sumber dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Cara memperoleh sumber secara langsung berarti, informasi diperoleh dari mereka yang menghayati langsung, baik, sebagai pelaku maupun saksi hidup. Jenis sumber semacam ini dibagi menjadi, sebagai berikut. Perkembangan jurnalisme di era modern mempunyai prasarat yang semakin ketat. Berita yang disodorkan seharusnya mengandung kebenaran yang disertai dengan fakta yang akurat. Pemberitaan juga harus mengandung kebauran dan aktualitas. "Dengan demikian media massa yang terlambat memberikan berita akan dianggap memberikan berita basi, yang akhirnya di tinggalkan oleh pembacanya. Hasrat masyarakat modern yang serba ingin cepat dan akurat membuat media massa terpontang-panting untuk memenuhi hasrat masyarakat tersebut.

Jurnalistik didefinisikan sebagai suatu keterampilan atau kegiatan mengelola bahan berita, mulai dari peliputan sampai pada penyusunan yang layak disebarluaskan kepada masyarakat secara rutin setiap hari, melalui surat kabar dan majalah atau memancarkannya melalui siaran radio dan siaran televisi. Bagi wartawan atau jurnalis, memahami ilmu dan teknik jurnalistik tentu merupakan hal yang mutlak. Namun demikian, masyarakat pembaca, pendengar, atau pemirsa pun penting mengenal dan memahami jurnalistik agar tidak menjadi objek pasif media massa.

PT.Teropong Post Jaya dan Teropong Timur News bersama Rakyat dan NKRI Kuat
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts