Pasar Hewan Mingguan Akan Diaktifkan Kembali



TEROPONG Jbr - Pasar hewan di wilayah Kab. Jember yang beroperasi setiap satu minggu sekali dan berpindah tempat sesuai jadwal, akan di buka kembali oleh Pemerintah Kabupaten Jember untuk mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di masyarakat, utamanya peternak. 

Pembukaan yang dimulai besok, Jum’at, 15 Mei 2020, dan akan diatur untuk memenuhi protokol Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jember, Slamet Sugianto, SH, M.Si., menjelaskan, pemerintah saat ini sedang menyiapkan pasar hewan agar bisa memenuhi protokol Covid-19. Persiapan itu diantaranya mengatur jarak, baik pedagang maupun hewannya. Lokasi pasar diberi warna cat untuk pemisahan. Termasuk pengelompokan hewan. 

“Ada klasternya. Sapi sendiri, kambing sendiri. Sudah ditindak lanjuti mulai hari ini,” katanya, Kamis, 14 Mei 2020. 

Slamet menjelaskan, pasar hewan tidak setiap hari buka. Seperti biasanya, pasar ini memiliki jadwal buka. Karena itu, pembukaan pasar menyesuaikan dengan jadwal yang sudah berlangsung selama ini.

Slamet berharap saat buka nanti, pengelola pasar, pedagang, dan pembeli untuk mengikuti protokol Covid-19.

Slamer menambahkan untuk mengantisipasi banyaknya pedagang dan pembeli, maka pembukaan pasar dikhususkan untuk pedagang Jember. Karena biasanya pedagang hewan berasal dari berbagai kota. 

Pengaturan itu diberlakukan untuk pasar hewan yang dikelola Pemkab Jember. Seperti Pasar Hewan Mayang, Kalisat, Bangsalsari, Kencong, Rambipuji, dan Jenggawah.

Pasar yang dikelola pihak luar Pemkab Jember, juga harus mengikuti protokol Covid-19. “Supaya kita sama-sama melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19,” ujarnya.

"Satu sisi aktivitas ekonomi yang diharapkan pedagang terpenuhi, tetapi di sisi lain juga harus mengantisipasi penyebaran Covid-19, karena mencegah penyebaran virus korona menjadi tanggung jawab bersama" pungkasnya. (*)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts