Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam, Polres Karangasem Apel Gelar Pasukan Dan Cek Kesiapan Alat Pendukung




Polres Karangasem,www.twropongtimur.co.id.


Dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Wilayah kota Karangasem, Polres Karangasem apel gelar pasukan di Lapangan Pesat Gatra Polres Karangasem, Jumat pagi (5/6/2020).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem AKBP NI NYOMAN SUARTINI, S.I.K., M.M.Tr., bersama Wakapolres Karangasem Kompol ARIS PURWANTO, S.H., S.I.K., M.H., dan dihadiri Oleh Instansi terkait Penanggulangan bencana Alam serta Forkopimda Karangasem, Pejabat dari unsur TNI dan Polri, juga pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPMD, Basarnas, Tagana, KSOP, serta anggota dari tiap instansi sebagai pasukan apel yang berjumlah kurang lebih 100 orang.

Pada pelaksanaan apel Kapolres Karangasem menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh undangan dan peserta apel yang hadir dipelaksanaan apel gelar pasukan ini.

Selanjutnya Kapolres Karangasem menyampaikan amanat dari Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. PETRUS REINHARD GOLOSE  dimana kegiatan bertujuan untuk mengecek kesiapan Personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI dan Polri, BNPB, Basarnas,dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Kabupaten Karangasem merupakan wilayah yang memeliki gunung berapi (Gunung Agung) cukup rentan akan bencana seperti erupsi gunung berapi, gempa, banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya."Maka dari itu, amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,"

Harapannya seluruh stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat Kelurahan hingga Provinsi.

"Meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana."Perlunya edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.
"Tingkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana, yang meliputi antara lain, 
Pengintegrasian setiap stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana. Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan yang ada, meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana."Meningkatkan kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

"Menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah,
memberikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana,"Rangkaian pelaksanaan apel gelar pasukan juga dilaksanakan pengecekan terhadap peralatan SAR terbatas antisipasi bencana alam yang dimiliki Polres Karangasem.

Publis : Humas Polres Karangasem.
Reporter: Made Arsi
Editing: Buang A
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts