Bupati: Ini Saya Sebut Inovasi Progresif




Lumajang,www.teropongtimu.co.id.


Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan terobosan baru dalam proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan. Terobosan atau Inovasi itu dinamakan Antar Dokumenku Sampai Dirumah yang akronimkan menjadi "Antakusuma."

Inovasi itu bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lumajang, dimaksudkan untuk kemudahan pelayanan jemput - antar dokumen adminduk selama masa pandemi COVID-19.

Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML., menyebut kerjasama itu sebagai inovasi yang progresif. Hal itu, disampaikan saat penandatanganan kerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Lumajang di ruang Mahameru Kantor Bupati, Senin (22/06/2020) pagi.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada Kantor Pos Lumajang dan Dispendukcapil atas inovasinya tersebut. Menurutnya, Inovasi Antakusuma sangat membantu masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen adminduk khususnya pada saat pandemi COVID-19.

Bupati meminta agar Inovasi Antakusuma nantinya juga dapat diimplementasikan dalam jemput - antar dokumen di seluruh kantor kecamatan.

Di pihak lain, Kepala Cabang Kantor PT. Pos Indonesia 67300 Lumajang, Rijal Aji Prasetyo menyampaikan, kerjasama dengan Pemkab Lumajang merupakan sebuah terobosan untuk memudahkan pengiriman dokumen saat pandemi COVID-19.

Lebih jauh, ia menjelaskan secara teknis, pihaknya akan memberikan pelayanan jemput-antar pengurusan administrasi kependudukan, sehingga para pemohon tidak perlu lagi datang ke Dispendukcapil.

"Pengiriman dan pengambilan langsung akan dilakukan oleh Pak Pos. Pak Pos akan mengambil pengajuan berkas ke pemohon, kami antarkan ke Dispenduk, nanti hasilnya kami juga kirimkan ke alamat-alamat yang yang dituju," ujarnya.

Diungkapkannya, masyarakat cukup menyiapkan dan melengkapi persyarakatan pengurusan dokumen adminduk, kemudian petugas pos akan menjemput dokumen tersebut. Setelah selesai, dokumen adminduk tersebut akan diantar ke alamat pemohon.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lumajang, Agus Warsito menjelaskan, pemanfaatan jasa pengiriman dokumen adminduk dirasa cukup efektif dalam membantu masyarakat. Pengantaran akan dilakukan oleh petugas pos sampai ke pintu rumah penerima.

Agus Warsito mengungkapkan, mengenai beaya yang diperlukan, pihaknya telah melakukan negosiasi dengan pihak PT. Pos Indonesia, sehingga biaya yang dikeluarkan masyarakat lebih murah, dalam menggunakan jasa pengantaran dokumen adminduk daripada jasa pengiriman dalam bentuk barang biasa.

"Ya tetap bayar, tapi ini lebih murah biayanya, ini bukan jasa calo tapi ini jasa pelayanan antar_jemput," pungkasnya.


Reporter : Suatman
Editor: Buang Arifin
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts