Diduga Ada Pemalsuan Dokumen Saat Pendaftaran Kasun Desa Kalibagor Situbondo

SITUBONDO – teropongtimur.co.id – Pemilihan kepala dusun membuahkan hasil yang sangat disesalkan oleh masyarakat setempat, setelah semua syarat yang dibuat oleh Kepala Desa dan Bagian Perangkat Desa terpenuhi, akhirnya terpilihlah Kepala Dusun yang baru, namun sangat disayangkan, salah satu Kepala Dusun yang terpilih dan sudah dilantik pada 07 Mei 2020 lalu, diduga memalsukan dukumen administrasi pada saat pendaftaran calon Kepala Dusun.

Salah satu warga setempat, membuat pengaduan kepada LSM Teropong, tertanggal 14 April 2020, mengenai Proses Pemilihan Kepala Dusun Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo yang diduga ada penyampaian data administrasi dalam pencantuman usia kelahiran berbeda dengan aslinya (informasi palsu).
Ketua LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, SE., membenarkan bahwa lembaganya menerima pengaduan dari masyarakat terkait adanya dugaan pemalsuan dokumen administrasi dalam pencalonan Kepala Dusun Kalibagor Situbondo. “Kami sudah menerima pengaduan dari masyarakat, terkait dokumen administrasi pencalonan Kasun di Desa Kalibagor Situbondo. Bukti copy Ijazah SMA Negeri 2 Situbondo, atas Eko Sujarwo, di Ijazah tersebut lahir pada tanggal 28 Juni 1975, sehingga pada saat pendaftaran calon Kasun sudah memasuki usia 44 tahun lebih”.

“Tetapi dengan dalih Surat Kehilangan dari Kepolisian Resort Situbondo, Eko Sujarwo lantas mengurus surat keterangan Ijazah SD Negeri 2 Dawuhan, SMP Negeri 1 Situbondo, SMA Negeri 2 Situbondo dan Kutipan Akta Kelahiran dengan tanggal kelahiran 28 juni 1978”, jelas H. Nawiryanto.

“Sedang berdasarkan bukti copy Ijazah SMA yang diterbitkan oleh SMA Negeri 2 Situbondo No. 04 OB oe 0598294 tahun 1994, Eko Sujarwo, lahir pada tanggal 28 Juni 1975, atau lulus SMA pada usia 18 Tahun 11 bulan. Jika yang bersangkutan lahir pada 28 Juni 1978, maka Eko Sujarwo telah lulus SD pada usia 10 tahun, lulus SMP 13 tahun dan lulus SMA 16 tahun, jelas sangat tidak wajar”.
Lebih lanjut H. Nawiryanto menjelaskan, “pada saat pendaftaran calon Kepada Dusun, pada akhir tahun 2019 lalu, usia Eko Sujarwo sesuai dengan copy Ijazah SMA Negeri 2 Situbondo No. 04 OB oe 0598294, usia sudah mencapai 44 tahun. Hal tersebut sudah melanggar ketentuan dalam UU No. 6 Tahun 2014, tentang batas usia maksimal calon perangkat desa ketika mendaftarkan diri yakni 42 tahun”.

Sesuai dengan bukti copy ijazah yang kami pegang, perbuatan Eko Sujarwo yang mencantumkan data usia kelahiran berbeda dengan aslinya (informasi palsu) pada saat pendaftaran calon Kepala Dusun, dikategorikan sebagai tindak pidana pemalsuan surat yang ketentuan pidananya diatur dalam Pasal 263 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (“KUHP”) dengan ancaman pidana selama 6 tahun, kata H. Nawiryanto.
Tim LSM Teropong masih mempelajari dan melakukan kajian terhadap bukti-bukti yang sudah kami pegang. Jika memang diduga kuat memenuhi unsur tindak pidana pemalsuan dokumen, kami akan laporkan kepada pihak yang berwajib.

Saat media Teropong Timur meminta klarifikasi kepada Camat Situbondo, Ir. Quratul Aini, M.Si, menyatakan bahwa yang mengurusi pemilihan Kepala Dusun adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Semua sudah dilalui sesuai dengan tahapan dan prosedur yang ada.

Sedang dari Bagian Pemerintahan Pemkab Situbondo, menanggapi temuan dari LSM Teropong terkait dengan adanya dugaan pemalsuan dokumen administrasi pencalonan Kasun, mempersilahkan LSM Teropong untuk membuat pengaduan tertulis. “Silahkan LSM Teropong membuat pengaduan tertulis kepada Pemkab situbondo, dan akan segera kami tindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, jawab Bagian Pemerintahan yang tidak bersedia dipublikasikan namanya. (Redaksi)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts