Diduga Oknum Kades Bakingi Pengerusakan Rumah

BONDOWOSO – teropongtimur.co.id – Oknum Kepala Desa (Kades) di Prajekan Bondowoso diduga melindungi tindak pidana pengerusakan rumah di Dusun Krajan 02 RT 01 RW 06 Desa Cangkring Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso, menyusul adanya pengaduan dari korban kepada LSM Teropong untuk meminta pendampingan upaya hukum, kata ketua LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, Jumat (26/6).

Menurut dia, Oknum Kades melakukan pembiaran bahkan diduga menjadi baking para pelaku pengerusakan rumah milik Sunarti (46 tahun). "Pengerusakan dilakukan oleh seseorang dibantu 2 (dua) tukang bangunan serta disaksikan Kepala Dusun serta perangkat desa lainnya,"ungkap dia.

Berdasarkan Pengaduan dan Surat Kuasa Pendampingan, Sunarti dan dan anak kandungnya Taufik Kurrahman 23 tahun kepada LSM Teropong, tertanggal 25 Juni 2020, menceritakan kronologi kejadian, terkait dugaan tindak pidana pengerusakan harta benda miliknya yang dilakukan oleh seseorang yang diduga disuruh oleh oknum Kepala Kepala Desa.

“Kedua korban pengerusakan mengadu kepada LSM Teropong untuk meminta pendampingan dalam menyelesaikan permasalahan dan/atau melaporkan dugaan tindak pidana pengerusakan pada jalur hukum atau pihak penegak hukum”, kata H. Nawiryanto.

“Tentunya permasalahan ini akan kami bawa ke ranah hukum, Tim LSM Teropong sudah membuat kajian hukum atas dugaan pengerusakan yang di bakingi oleh oknum Kades di Prajekan. Kami berharap kepada Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Prajekan Bondowoso untuk dapat menindaklanjuti, dengan meminta penjelasan dan meminta keterangan para pihak, terkait dugaan tindak pidana pengerusakan yang mengakibatkan kerugian materiil”, lanjutnya.

Lebih lanjut H. Nawiryanto menjelaskan, sesuai dengan Pasal 406 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusakkan, membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan.

Oknum Kades tersebut juga dapat dikenai pasal 55 dan 56 KUHP, sebagai orang yang menyuruh melakukan tindak pidana, sehingga aparat penegak hukum menerapkan hukuman yang sama dengan pelaku yang secara langsung melakukan tindakan perusakan tersebut, pungkas H. Nawiryanto. (Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts