Luncurkan Pasar Tangguh Covid-19 Agar Ekonomi Rakyat Tetap Berjalan



TEROPONG Jbr - Untuk mewujudkan Pasar Tangguh Covid-19 itu, pemerintah telah melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh pedagang pasar di Jember melalui rapid test. Pedagang yang telah rapid test mendapatkan pin. Tanda ini bagi pedagang yang hasil tesnya non-reaktif. Tanda ini untuk menunjukkan bahwa pedagang dalam kondisi kesehatan yang terkontrol dan tidak terpapar Covid-19.
Selasa, 09 Juni 2020 Bupati Jember, dr. Faida, MMR., meluncurkan Pasar Tangguh Covid-19 Kabupaten Jember. Ini diharapkan mampu tetap menggerakkan pasar tradisional yang menjadi pusat ekonomi rakyat. Pasar Tangguh Covid-19 ini melibatkan berbagai instansi dan elemen masyarakat. Pemerintah berkolaborasi dan bekerjasama dengan TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, petugas kebersihan, Dinas Perhubungan, dan pedagang pasar. Pemerintah juga memberikan pelindung wajah atau face shield dan masker kepada pedagang yang ada di pasar. Lapak dagangan juga diatur dengan jarak dan rapi, serta intens dilakukan pembersihan. “Saya berharap masyarakat bisa meningkatkan kesadaran dan disiplin, supaya  pasar ini tidak menjadi klaster baru terjangkitnya Covid-19 di Kabupaten Jember,” harap Bupati.
Sementara itu Komandan Kodim 0824, Letkol Inf. Laode Muhammad Nurdin, yang turut mendampingi Bupati menjelaskan bahwa  pengawasan Pasar Tangguh Covid-19 dilakukan oleh personil dari TNI, Polri, Satpol PP, dan lainnya. Salah satu tugas pengawas yaitu mengedukasi, mengajak masyarakat menggunakan masker, cuci tangan, dan disiplin. Apabila ada pedagang yang tidak menggunakan masker, maka petugas akan memberikan masker. “Setidaknya kita mulai dengan menggunakan masker, serta mengajak mereka untuk mau melaksanakan kegiatan cuci tangan yang sudah disiapkan oleh gugus tugas,” terangnya.
Kegiatan untuk Pasar Tangguh Covid-19 ini, kata Dandim, sudah dilaksanakan mulai pekan lalu. “Dalam mengahadapi pola hidup yang baru sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat, juga dibutuhkan  peningkatan pengamanan protokol kesehatan Covid-19 di Jember,” tegasnya. (*)
Bank BTN Jember Siap Dukung Pasar Tangguh
TEROPONG Jbr - Pemeriksaan kesehatan massal untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember mendapat dukungan dari Bank BTN Jember. Bank yang masuk dalam BUMN ini meyerahkan alat rapid test sebanyak 280 kepada Bupati Jember, dr. Faida, MMR., di Pendapa Wahyawibawagraha. Selasa, 09 Juni 2020.
Kepada awak media Branch Manager BTN Jember, Holiosri mengatakan bahwa  bantuan ini diharapkan dapat membantu dan bermanfaat dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Jember. Selain menyerahan bantuan, Holiosri juga mengungkapkan kesanggupan BTN Jember untuk menyiapkan pasar tradisional menjalankan pembayaran retribusi. “BTN sejak awal 2018 sudah ditugaskan untuk mengurusi pembayaran retribusi pasar. BTN Jember akan berperan memperkuat Pasar Tangguh Covid-19, yakni menyiapkan program atau sistem yang kemudahan pembayaran retribusi melalui perbankan,” terangnya
Di tempat yang sama, Bupati Jember, dr. Faida, MMR., menjelaskan bantuan alat tersebut akan diberikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember. “Kami merasa bangga atas sinergi yang berjalan sampai saat ini antara Bank BTN dengan pemerintah Kabupaten Jember,” tandas Bupati. (*)

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts