PENDISTRIBUSIAN BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) TAHAP I DESA TANJUNG GLUGUR KABUPATEN SITUBONDO DIDUGA DILALAP KADES

Situbondo,www.teropongtimur.co.id.





Pemerintahan Desa Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan PT.KANTOR POS INDONESIA Kabupaten Situbondo, melakukan pendistribusian dana Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap I sebesar Rp.600.000 kepada 413 KK pada hari rabu (tanggal 11 juni 2020) dari jam 08:00 sampai 10: 00 WIB yang bertempat dikantor Desa Tanjung Glugur.

Pendistribusian Bantuan Sosial Tunai Tahap I ini diberikan secara simbolis oleh Kepala Desa Tanjung Glugur yaitu HJ.ANISATUL ARIFAH S.Pd yang didampingi oleh Muspika Kecamatan Mangaran, Ketua BPD Tanjung Glugur yaitu Ustad NAWARI, dan Babinsa Tanjung Glugur yaitu SERDA JEMI dan Babinkamtibmas yaitu BRIPKA SUSIS.

Disaat Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dimana warga sangat kesulitan ekonomi justru dalam pembagian dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tersebut di pangkas sebesar Rp.200.000 per KK oleh Perangkat Desa tanpa adanya berita acara pemotongan untuk uang yang Rp 200.000 tersebut, bahkan langsung dilakukan ditempat atau meja yang berderet dengan petugas dari Kantor POS yang membagikan dana bantuan BST kepada warga penerima bantuan serta ada informasi dari warga yang menerima BST pada malam hari mereka diberi undangan supaya datang kebalai desa untuk menerima bantuan BST tersebut.
Akan tetapi pada pagi hari sekitar jam 05:00 WIB undangan tersebut ditarik lagi oleh Pak Kadus Yoyok dikarenakan atas perintah Bu Kades HJ.ANISATUL ARIFAH S.Pd untuk ditukar dengan undangan yang lain setelah warga menunggu lama ternyata pak yoyok tidak kunjung datang "demikian penyampaian warga tanjung glugur".

Bahkan dari awak media sudah beberapakali mendatangi serta menghubungi Bu Kades untuk mengklarifikasi hal itu, akan tetapi beliau selalu tidak pernah ada dikantor desa ataupun dikediamannya dan begitu sulit untuk bisa ditemui.
Padahal sudah sempat komunikasi janji via ponsel bersepakat untuk bertemu akan tetapi Bu Kades tidak bisa menepati janji dan tampak terkesan selalu menghindar terus.
Dengan keseringan awak media mengejar Bu Kades untuk mendapatkan keterangan dan alasannya akhirnya beliau mengangkat telpon dari awak media dengan mengangkat telpon dan memberikan pengakuan bahwa "dibantuan dana BST ini memang sengaja dipotong sebesar Rp. 200.000 karena mereka sudah mendapat bantuan beras" (begitu ucapan Bu Kades HJ. ANISATUL ARIFAH S.Pd).
Sungguh jelaslah apa yang telah dilakukan Kades Desa Tanjung Glugur ini sangat menyalahi aturan dan menyimpang dari prosedur Pemerintah serta melanggar hukum dan pasalnya.

Semua warga penerima bantuan dibuatnya sangat kecewa oleh Kadesnya sendiri, terutama warga yang sudah terima pemotongan dana bantuan tersebut dan ditambah lagi dengan warga yang lain yang justru malah tidak mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah, seakan-akan yang mendapatkan bantuan itu hanyalah orang-orang pilihan tertentu atau yang bisa dikategorikan para pendukungnya saja.
Disini diduga Kades berjiwa sentimen kepada warga, karena semua warga sudah dapat menilai dan menganggap bantuan yang ada didesa Tanjung Glugur ini sangat tidak tepat sasaran juga menyimpang dari aturan, dan hal ini akan diminta pertanggung jawabannya kepada pihak yang berwajib sesuai dengan prosedur Pemerintah.

Pewarta : MARSUKI
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts