Rapat Hippa Terjadi Walk Out Anggota Protes ADRT



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Tiga peserta rapat dalam agenda pemilihan panitia pembentukan ketua Hippa desa Badean Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi meninggalakan area rapat protes ADRT 23/6/2020.

Rapat dalam rangka pembentukan panitia pemilihan ketua hippa yang dipimpin oleh kades Nursamsi, di hadiri perwakilan kellompok tani,perangkat desa dan jajaran BPD sempat terjadi perdebatan yang membuahkan wolk out tiga perwakilan ketua kelompok tani .

Tiga ketua kelompok tani tersebut Mujamil ketua Gakpotan ,Murtapik ketua kelompok tani Panjilaras wilayah krajan dan Samsul Hadi ketua kelompok tani brawijaya wilayah dusun Donosuko.

Insiden wolk out tersebut menolak keras kebijakan kades Nursamsi atas Anggaran Dasar Rumah Tangga [ ADRT ] Hippa Handayani yang dirasa tidak sesuai dengan marwah organisasi hippa.

Salah satu bentuk protes keras dan penolakan kebijakan kepala desa Nursamsi yang mengesahkan ADRT 23/3/2020 ,Murtapik menanyakan siapa yang membuat ADRT tersebut ,seharusnya kebijakan membuat ADRT ada di tangan rapat Anggota kelompok tani secara demokratis bukan ujuk ujuk jadi dan sudah ada stempel serta nama ketua Hippa Handayani .

Murtapik juga mempertanyakan hippa Handayani itu tidak ada ,yang ada hippa Mitra Tani yang di ketuai H Iksan ,mana laporan pertanggungjawaban keuangan selama hippa Mitra Tani yang dilakoni H Iksan semuanya tidak bisa di buktikan,mana pembukuanya apa lagi ADRT nya kok tau sudah ada ADRT lain kalau begini caranya tidak usah hippa hippa an [ tidak usah ada hippa ] keluh murtapik .

Hal yang senada juga di lontarkan oleh ketu Gakpoktan Mujamil ,seharusnya Hippa Mitra Tani yang berdasarkan SK kepala Desa Nursamsi yang di ketuai H Iksan pereode 2018 s/d 2023 kan belum berahir ,selama mengelola keuangan yang di pungut dari iuran petani mana pembukuanya ,padahal mekanisme keuangan harus transparan apa lagi uang pungutan itu banyak selama dua tahun untuk apa dan di buat apa harus jelas pembukuanya ini kan tidak ada sama sekali dan tau tau sudah ada keputusan ADRT Hippa Handayani yang masih Nol kata mujamil.

Mujamil menambahkan seharusnya kalau mau merobah dan mengganti ADRT baru harus prosedural ini tidak tau tau kita dalam rapat sudah di suguhkan ADRT baru dan sudah ada ketua Hippa nya kok aneh organisasi ini lebih baik saya Mujamil tidak ikut dalam rapat karena tidak sesuai marwah organisasi hippa tegas Mujamil .

Samsul Hadi ketua kelompok tani Brawijaya salah satu kelompok tani yang tidak setuju selama hippa Mitra Tani beroprasi tidak pernah sama sekali membayar iuran kepada hippa Mitra tani dan membuat acara pembukuan sendiri di kelompok tani brawijaya mengamini protes rekan rekanya dan kompak meninggalakan area carara rapat .

Data yang di terima oleh teropong timur sebuah buku daftar hadir 20/3/2020 dalam acara rapat penyusunan ADRT dan pengesahan ADRT Handayani 23/3/2020 berdasarkan informasi dari ketua BPD Saihu bahwa selama ini HIPPA Mitra Tani berdasarkan SK kepala Desa Nursamsi 2018 s/d 2023 belum memiliki ADRT .

Dalam catatan teropong timur news selama Hippa Mitra Tani beroperasi mengelola dan memungut uang iuran petani sudah terjadi transisi kepengurusan dalam jabatan sekretaris dan bendahara keuangan hippa ,SK pertama ketua H Iksan,bendahara Saukhi perangakat desa,sekretaris Ikbal perangkat desa,selang satu tahun bendahara di ganti Ruspandi dan sekretaris H Sutarjo sampai bsrita ini di rilis belum ada data yang menunjukan bukti laporan keuangan,ADRT hippa Mitra Tani secara sah .

Terkait protes ADRT hippa Handayani oleh tiga tokoh ketua kelompok tani tersebut sah sah saja ,tapi patut di sayangkan kepala desa Nursamsi tidak mau transparan dan menunjukan laporan keuangan hippa Mitra Tani selama dua tahun memungut uang iuran petani secara fair ,kemana dan di buat apa uang iuran uang petani tersebut ???? tau tau sudah ADRT hippa Handayani dan ketuanya juga hippa Mitra Tani .

Publiser: Taufiq
Editor: Buang A
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts