Adanya dugaan pungli SMP 1 Kapongan resahkan wali murid

Situbondo, Teropong Timur News


Kelulusan sekolah telah usai sudah, efek pandemi covid 19 banyak sejumlah sekolah yang tidak mengadakan kegiatan Ujian Nasional (UN).
Namun dengan ditiadakannya kegiatan sekolah,bukan berarti siswa siswi bisa santai dirumah. Pihak sekolah mengadakan kegiatan belajar dirumah bagi siswa dengan memberi tugas secara online.
Namun kegiatan belajar dirumah tidak menyurutkan pihak sekolah untuk memungut iuran dari siswa dengan dalih kegiatan sekolah. Seperti yang terjadi diSitubondo, SMP 1 Kapongan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo.Adanya temuan dari LSM Penjara mengenai pemungutan Iuran yang terjadi di SMP 1 Kapongan itu sudah jelas melanggar aturan yang sudah tertuang Permendikbud No 44 tahun 2012

Menurut Fajar selaku ketua DPC LSM Penjara Situbondo Biaya formulir pendaftaran ulang Sumbangan siswa baru Biaya Seragam Sekolah LKS dan Modul Pengadaan Biaya buku paket sekolah Biaya les tambahan dari sekolah Biaya Praktikum Dana Ekstrakurikuler Iuran kebersihan dan keamanan sekolah Biaya Study TourBiaya Wisuda atau kelulusan Sumbangan untuk pengembangan fasilitas sekolah seperti perpustakaan dan laboratorium Biaya renovasi gedung sekolah

Menurut Peraturan Mendikbud No.44 tahun 2012, biaya buku dan LKS, serta pengembangan fasilitas sekolah seharusnya tidak dibebankan ke orangtua murid. Karenanya itu termasuk ke dalam pungli.

Pemerintah telah mengalokasikan dana APBN untuk sekolah melalui program Bantuan Operasional Sekolah, Bantuan Operasional Pendidikan, dan Kartu Indonesia Pintar. Bahkan APBD di setiap daerah juga memiliki alokasi khusus untuk sektor pendidikan.
Sementara itu saat dikonfirmasi oleh Teropong Timur News pihak sekolah mengiayakan adanya penarikan iuran tersebut untuk berbagai kegiatan sekolah.
Siswa membayar iuran kegiatan sekolah sebesar 340.000 karena efek pandemi sekolah tidak mengadakan kegiatan perpisahan maka uang tersebut akan kami kembalikan lagi pada siswa sebesar 100.000 saat pengambilan ijasah nanti pungkas Karyono selaku ketua panitia Ujian Nasional (UN).
Sementara saat ditemui awak media kepala sekolah enggan berkomentar dan langsung menunjuk pak karyono selaku ketua panitia.
Pewata : Rina
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts