Diduga Palsukan Dokumen, Kasun Kalibagor Terpilih Dilaporkan

SITUBONDO – teropongtimur.co.id – Calon Kepala Dusun (Cakasun) Kalibagor Situbondo tak terpilih Eko Cahyo Prasetyo dan Ivan Fauzan, melalui kuasa pendampingan LSM Teropong, resmi melaporkan Kasun Kalibagor terpilih Eko Sujarwo ke Mapolres Situbondo kemarin (1/7/2020). Pelaporan tersebut karena adanya dugaan pemalsuan dokumen yang digunakan Eko Sujarwo untuk memenuhi persyaratan menjadi Kasun Kalibagor.

Ketua Umum LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, SE., mengatakan, laporan itu atas dugaan tindak pidana memalsukan dan menyalahgunakan dokumen kasun terpilih Eko Sujarwo sebagai persyaratan mencalonkan diri sebagai Kasun Kalibagor. Pihaknya menemukan dugaan persyaratan pencalonan Eko Sujarwo yang diragukan keabsahannya.

“Yang paling mencolok adalah perbedaan tahun kelahiran, di Surat Keterangan Ijazah SDN 02 Dawuhan dan SMPN I Situbondo, Eko Sujarwo lahir pada tanggal 28 Juni 1978. Kedua Surat Keterangan Ijazah tersebut hanya berdasar Surat Kehilangan dari Kepolisian Sektor Situbondo. Sedang copy Ijazah SMAN 2 Situbondo, tertulis bahwa Eko Sujarwo lahir pada tanggal 28 Juni 1975 atau ada selisih 3 (tiga) tahun lebih muda”.

Diduga, pemalsuan data kelahiran untuk lolos dari ketentuan dalam UU No. 6 Tahun 2014, tentang batas usia maksimal calon perangkat desa ketika mendaftarkan diri yakni 42 tahun. Sesuai copy Ijazah yang resmi dikeluarkan oleh SMAN 2 Situbondo, usia Eko Sujarwo sudah mencapai 44 tahun lebih, pada saat pendaftaran Kasun.

“Kejanggalan itu kami rasa perlu diusut dan dicari fakta kebenarannya dengan meminta bantuan pihak kepolisian untuk mengusutnya. Karena ini menyangkut dokumen negara dan penggunaan uang negara yang harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Pihaknya ingin mengusut adanya kejanggalan dokumen yang diduga dipalsukan dan disalahgunakan. Saat Eko Sujarwo membuat Laporan Kehilangan ke Polsek Situbondo, kehilangan berupa STTB SD, SMP, dan SMA. Data pelapor kehilangan STTB atas nama Eko Sujarwo, lahir tanggal 28 Juni 1978. Tetapi kejanggalan terungkap, saat ditemukan fotocopy Ijazah SMAN 2 Situbondo, yang tertulis lahir pada tanggal 28 Juni 1975.

“Sebelumnya kami harus menggali terlebih dahulu informasi sebagai barang bukti, lalu.membuat Surat Pengaduan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang ditembuskan ke Kecamatan, Desa dan Polsek Situbondo. Tetapi pihak DPMD tidak menanggapi serius dan menyerahkan permasalahan ini pada hukum dan putusan pengadilan”.
Surat Pengaduan ditujukan kepada DPMD, isinya meminta DPMD meninjau kembali pelantikan dan atau menahan Surat Keputusan pengangkatan Eko Sujarwo sebagai Kasun Desa Kalibagor sampai permasalahan dugaan pemalsuan dokumen selesai. ”Kami juga meminta agar DPMD, Camat, dan Panitia Seleksi menindaklanjuti pengaduan kami,” kata H. Nawiryanto.

Saya sangat kecewa, lanjut H. Nawiryanto, Kabid DPMD Situbondo, Sugeng Purwo menyatakan, atas dugaan Eko Sujarwo memalsukan data kelahirannya diserahkan pada hukum. Sedang secara teknis penetapan Bakal Calon Kepala Dusun (Bacakasun) menjadi kewenangan panitia pemilihan. Panitia bertugas melakukan penjaringan dan penyaringan pada tahap pencalonan.
”Pada saat penyaringan ini sebenarnya menjadi ruang seleksi dan klarifikasi. Panitia Seleksi sebenarnya yang bisa menjawab keabsahan dokumen dari para bacakasun,” katanya.

Menurut H. Nawiryanto, laporan kepada Polres Situbondo tersebut, karena DPMD dan panitia pemilihan menyerahkan dugaan pemalsuaan data persyaratan Bacaksun pada hukum, maka saya mohon pihak Polres Situbondo segera memproses masalah dugaan pemalsuan dokumen itu sesuai ketentuan. Apalagi sudah ada pengaduan dari masyarakat, serta bukti yang cukup. Kami meminta aparat kepolisian untuk menindaklanjutinya,” tegasnya. (Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts