Wabup Hadiri Peringatan HBA ke-60 Kejaksaan




TEROPONG JBR – Peringatan (HBA) Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 yang dihadiri oleh Wakil Bupati Drs. KH. A. Muqit Arief digelar di Universitas Jember, Senin, 20 Juli 2020. Acara itu  diisi dengan penandatanganan kesepakatan bersama bidang hukum perdata dan tata usaha negara antara Universitas Jember dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember. Universitas Jember diwakili langsung oleh Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. Sedang Kejari Jember diwakili Kepala Kejari (Kajari) Dr. Prima Idwan Mariza, SH., M.Hum.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menyampaikan selamat Hari Bhakti Adhiyaksa ke-60. “Kami berharap, jajaran penegak hukum di Indonesia, khususnya kejaksaan, bisa terus tegar, berkreasi dalam rangka penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauh  Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, menyatakan, bahwa penegakan hukum menjadi salah satu indikator sebuah negara hukum. Semakin ditegakkannya hukum, maka wujud dari negara hukum semakin terasa. Ketika penegakan hukum ini tidak bisa optimal, maka yang merasakan dampaknya adalah masyarakat. “Insya Allah, kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya, terutama dalam penegakan hukum di Indonesia,” ujar wabup.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M. Eng, menyampaikan, kejaksaan merupakan salah satu praktisi penyelenggara di bidang hukum dan Unej merupakan penyelenggara di bidang pendidikan yang memiliki prodi di bidang hukum. “Kita butuh stakeholder untuk bekerjasama. Salah satunya dengan Kejaksaan Negeri Jember,” terangnya.

Rektor menjelaskan, mahasiswa pada tiga semester akhir diberi hak untuk belajar di luar prodinya. Kesempatan ini membuat mahasiswa tidak hanya magang, tetapi juga bisa menyampaikan opini. “Seperti opini dalam penyusunan berkas dakwaan, sehingga mahasiswa tahu penyusunan berkas perkara dari awal hingga akhir,” jlentrehnya.

Sementara itu Kajari Jember Prima menjelaskan, penandatanganan kesepakatan bersama antara Universitas Jember dengan Kejaksaan Negeri Jember bertujuan untuk saling menguatkan.
Di akhir acara Kajari Jember Prima menyempatkan meluncurkan buku yang berjudul “Adhyaksa Penegakan Hukum dalam Perspektif Nilai Budaya, Historis, dan Kearifan Lokal” yang merupakan hasil karya Kajari Jember sendiri. (*)

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts