Belum Dua Tahun, Plengsengan Dawuhan Tenggarang Sudah Jebol

BONDOWOSO – teropongtimur.co.id – Buruk bagusnya sebuah proyek dalam pekerjaan tak terlepas dari pengawasan yang dilakukan. Kadang, pengawas terindikasi jarang berada dilokasi proyek, sehingga pelaksana lapangan lebih leluasa memainkan perannya untuk meraup keuntungan yang lebih besar.

Ironisnya, meski pengawas mengetahui perbuatan curang yang dilakukan oleh rekanan pelaksana, kadang pengawas hanya terkesan bungkam dan tetap merestui hasil pekerjaan. Hal tersebut diduga terjadi pada proyek Plengsengan Desa Dawuhan Kecamatan Tenggarang Bondowoso yang dibawah kendali Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, dikerjakan belum genap dua tahun sudah jebol (Rusak parah).

Berawal dari temuan anggota LSM Teropong, bangunan plengsengan di desa Dawuhan Tenggarang Bondowoso yang sudah terlihat rusak. Kualitas pembangunan plengsengan di Desa dawuhan, Kecamatan tanggarang, Kabupaten bondoeoso, patut dipertanyakan. Pasalnya, belum genap dua tahan, plengsengan di wilayah setempat sudah rusak, Senin 10/8/2020.

Hasil investigasi LSM Teropong, kerusakan bangunan plengsengan tersebut disebabkan karena kualitas pembangunan yang jauh dari standar. Penggunaan semen yang sangat minim, serta kualitas bahan bangunan yang tidak sesuai standar bangunan plengsengan. Akibatnya bangunan plengsengan tersebut tidak mampu menahan aliran air.

Kondisi dilapangan, bangunan plengsengan tersebut sudah ambrol cukup parah. Hal ini sangat disayangkan, karena bangunan plengsengan tersebut masih terbilang baru dibangun kurang dari 2 tahun lalu.

Kepala Desa dawuhan, Kecamatan tanggarang, H. Khofidal Ahkam, SH., menuturkan, saya tidak mengetahui faktor kerusakan bangunan plengsengan tersebut. “Apakah faktor hujan atau kualitas bangunan? Kami tidak tahu pasti. Banguna tersebut dari Anggaran tahun 2018. Terakhir saya bersama pelaksananya, Samsudin, turun kelokasi sampai bangunan plengsengan. Dan saya melihat, memang kualitas bangunannya kurang bagus”, ungkapnya.
Kades Dawuhan berharap agar ada penanganan dari pihak terkait atas kerusakan tersebut. Sebab, kerusakan saluran air itu jelas membuat tak nyaman. Terlebih kita akan segera menghadapi musim hujan.

Bila tidak segera diperbaiki, air hujan yang mengalir di saluran setempat tidak bisa lancar. “Kalau sudah begitu, bisa memicu luberan ke rumah warga. Karena itu, kami berharap agar ada perbaikan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menginstruksikan pelaksana untuk melakukan pembenahan. “Karena masih tanggungan pelaksana dan kepala desa”.

Saat konfirmasi kepada Pelaksanan Bangunan Plengsengan, Samsudin, mengaku tidak mengetahui tahun anggaran berapa pelaksanaan bangunan plengsengan tersebut.

Ketua Umum LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, mengaku telah mendapatkan informasi temuan bangunan plengsengan jebol di Desa Dawuhan Tenggarang. Dirinya sangat menyayangkan kualitas bangunan, yang dari tahun ke tahun tidak ada perbaikan kualitas proyek pemerintah. “Proyek pemerintah seperti buang-buang duit rakyat saja. Pelaksanaan pembangunan terkesan asal jadi dan memenuhi volume. Soal kualitas, jauh dari standar,” tegasnya. (Slamet/Anshori)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts