Dispenduk Capil Banyuwangi Melayani Sepenuh Hati Kepada Masyarakat



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Dinas Kependudukan dan Catan Sipil Banyuwangi menerapkan sistem TTE dalam bentuk QR code dalam layanan pada masyarakat.
Sesuai dengan amanat Peraturan (Mendagri) Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan menyebutkan bahwa, pencetakan dokumen adminduk (kecuali KTP-el dan KIA) tidak lagi menggunakan blanko seperti yang sebelumnya. Namun diganti dengan kertas HVS A4 80 gram berwarna putih.

Dokumen diterbitkan dengan menggunakan sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam bentuk QR code.
Dokumen yang terbit sebelumnya masih berlaku dan tidak perlu diganti apabila tidak ada perubahan data, hilang atau rusak.

Kepala DispendukCapil Banyuwangi, Juang Pribadi, SH menjelaskankan " Dengan adanya hal ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan adminduk. Masyarakat cukup melakukan pengajuan dari rumah melalui nomor pelayanan yang telah disediakan. Nantinya masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen adminduk melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) " jelas Juang diruangnya.

Selain itu, dokumen kependudukan yang sudah berbasis elektronik atau telah TTE, sudah tidak memerlukan pelayanan legalisir. Untuk proses autentifikasi berkas dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi VeryDS di Play Store.

Ketua LSM KOBRA (Komando Bersama Rakyat) DPC Banyuwangi Daud Djoni, WD menyampaikan " kami sangat apresiasi dan mensuport kinerja Kepala DispendukCapil dalam programnya terkait penggunaan sistem TTE dalam bentuk QR code untuk mempermudah dalam pelayanan kepada masyarakat " jelas Daud Djoni.
Penulis: tim
Editor: Buang Arifin

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts