Jurnalistik dan Sosial Control



OPINI - Di era serba digital saat ini, menuntut seorang jurnalis untuk bisa melaporkan dan memberitakan setiap peristiwa secara cepat, tepat, utuh dan menarik. Keadaan ini tentu menuntut pengetahuan dan pemahaman yang lebih bagi seorang jurnalis dalam banyak hal. Seorang jurnalis dituntut untuk memahami bahkan menguasai banyak hal, baik dalam hal menulis, fotografi, hingga videografi untuk dapat eksis di dunia modern ini. 

Singkat kata, jurnalis dituntut untuk menjadi profesional dan tahu akan banyak hal. Keadan ini tidak hanya memberikan banyak keuntungan dan kemudahanan bagi para jurnalis karena aksesnya yang lebih luas namun juga memberikan sejuta tantangan dan semangat yang lebih bagi seorang jurnalis. 

Jurnalis harus dapat secara lengkap menggambarkan akan sebuah peristiwa agar pembaca dapat memahami sebuah peristiwa secara lebih utuh dan mendalam. Tidak lupa semua penyajian informasi harus sesuai dengan etika jurnalisme dan kenyataan di lapangan. Tak lupa juga, penyajian data, karena jika salah data akan berakibat fatal. 

Selain itu, menyajikan informasi dengan benar, jujur, apa adanya, lengkap, dan detail. Tak hanya menyampaikan pesan, tapi bagaimana bisa mengedukasi para pembaca. Dan Jurnalis harus mampu memberikan informasi yang utuh, tulisan yang menarik dan membangun imajinasi para pembaca setianya.
Tak sedikit pula, karya jurnalistik terutama terkait kasus pejabat, menjadi bahan diskusi dan perdebatan melalui group whatsApp paling sering berlansung, bahkan tidak jarang dari diskusi ringan bisa berahir menjadi perdebatan memuakkan di antara Jurnalis, Lembaga Sosial dan masyarakat, karena saling mempertahankan pendapat masing-masing sehingga terjadi diskusi tidak sehat, karena adanya perbedaan pandangan ketika terjadi perdebatan yang membahas sebuah permasalahan hukum pejabat publik. 

Beda orang, berbeda pula cara pandang dan pemikiran dalam melihat suatu persoalan termasuk dalam memberikan pandangan terkait produk jurnalis. Setiap Jurnalis menekankan pentingnya integritas dengan menjadikan Kode Etik Jurnalistik sebagai kitab panduan Wartawan. 

Perdebatan melalui group whatsApp antar rekan-rekan Jurnalis dan lembaga control sosial rasanya tak pernah habis jika di bahas. Kadang mereka berbicara kritis, berbicara jujur kacang ijo, berbicara vokal, bicara asal bapak pejabat senang dan sebagainya. Kebanyakan argumen hanya mempertahankan pendapatnya sendiri. 

Idialis dan vokal menjadi hal yang sangat langka jika ada di antara mereka yang bener-bener vokal. Namun ketika di hadapan instansi dengan oknum pejabat yang nota bene oknumnya “bermasalah”, banyak Jurnalis dan Lembaga Sosial tidak berdaya saat ada iming-iming “86” di depannya. 

Jika demikian, bagaimana bisa menjadi social control yang handal serta independent jika masih menjadi “benalu” pemerintah. Bahkan masih terkotak-kotak, dengan istilah Jurnalis plat merah. Termasuk Lembaga Sosial yang menempatkan diri sebagai kubu plat merah dan non plat merah. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan terjadi di dunia jurnalistik dan sosial control. 

Seolah olah terjadi dua kelompok Jurnalis, dua kelompok Lembaga Sosial control, dua kelompok kekuatan politik dan dua kubu yang berbeda. Semoga menjadikan pelajaran yang berharga dan memacu teman-teman Jurnalis untuk menulis hasil karya jurnalistik yang berbobot sebagai tugas wartawan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan juga pada Lembaga Sosial control yang dapat melakukan fungsinya secara obyektif tidak semata pada keperpihakan dan kepentingan pribadi semata. 

Penulis : H. Nawiryanto Winarno, SE, Pimred Media Teropong Timur news dan Ketua Umum LSM Teropong
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts