KPPBC Jember Berhasil Selamatkan Kerugian Negara Ratusan Juta Rupiah



TEROPONG Jbr - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai sebagai instansi vertikal Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai 
memiliki tugas dan fungsi dimana salah satunya sebagai Community Protector di bidang 
Kepabeanan dan Cukai, yaitu membatasi beredarnya barang-barang berbahaya dan dilarang 
maupun barang yang dianggap mengganggu kesehatan seperti rokok.

Dalam kurun waktu mulai Januari - Agustus 2020 KPPBC Jember telah berhasil mengamankan beberapa barang ilegal. Diantaranya berupa:
1. 352.323 batang rokok senilai Rp. 264.449.080,- terdiri dari Sigaret Kretek Mesin (SKM) 
dan Sigaret Kretek Tangan (SKT);
2. 12 item barang Tegahan Pos Lalu Bea yang terdiri dari Sex Toys, Kosmetik dan Obat-
Obatan senilai Rp. 46.300.000,-; 
Dengan potensi kerugian Negara sebesar Rp. 134.301.060,-. 

Untuk itu pada hari ini, Selasa 25 Agustus 2020 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jember, melaksanakan pemusnahkan BMN (Barang Milik Negara) secara simbolis dihalaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jember. Turut hadir dalam acara itu Instansi Terkait antar lain Kantor Pos, KPKNL dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Jember.

Kepada awak media, Kepala KPPBC Jember Tubagus Firman menjelaskan bahwa dalam periode Juni 2019 s.d Agustus 2020 telah dilakukan penindakan sebanyak 63 SBP (Surat Bukti Penindakan) dari BKC Hasil Tembakau dan barang tegahan Pos. "Saya berterima kasih pada Kantor Pos Jember yang telah memberikan informasi terkait barang ilegal yang dikirimkan lewat kantor pos, sehingga kita (KPPBC Jember) bisa mengambil tindakan" ujarnya.

Firman menambahkan bahwa KPPBC Jember berterima Kasih kepada Instansi Terkait antar lain Kantor Pos, KPKNL dan Pemerintah Kabupaten atas kerja sama yang dijalin selama ini dalam mengamankan hak-hak Negara di bidang Kepabeanan dan Cukai. Sinergi terus dilakukan guna wilayah pengawasan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jember terbebas dari peredaran Barang Ilegal.

Firman berharap dengan kegiatan ini berdampak sangat signifikan terhadap penurunan peredaran rokok ilegal terutama di wilayah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jember. (*)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts