Anjlok Penjualan Biji Kopi Kayumas, Berharap Ada Uluran Tangan Pemerintah


Situbondo Teropong Timur News


Dimasa Pandemi Covid-19 ini, seperti kita ketahui sebelumnya bahwa kopi Kayumas merupakan komoditi unggulan Kabupaten Situbondo yang mempunyai cita rasa Otentik, kopinya yang khas terkenal hingga mancanegara, namun beberapa tahun belakangan ini nampak lesu, Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis 17 September 2020.
Menurut ungkapan Kepala Desa (Kades) Kayumas Abdul Jalil, dikarenakan terkendala dana yang dimiliki sehingga warga kesulitan untuk mengembangkan usahanya, akibatnya banyak pekebun kopi Kayumas beralih menanam pohon sengon, jeruk, pete, dan lain-lain bahkan ada pula yang memilih bekerja sebagai buruh serabutan, sehingga berimbas kepada ketersediaan hasil panen kopi, padahal menurut Kades Kayumas Abdul Jalil struktur tanah dan kelembabannya serta iklim Desa Kayumas sangat cocok ditanami kopi.

Sebelum menjabat, Kades Kayumas Abdul Jalil menekuni usaha berkebun kopi yang dijalaninya secara turun-temurun sehingga membuatnya sangat tau betul apa yang menjadi keluhannya warganya.

"Rata-rata warga Kayumas berkebun kopi mas, namun beberapa tahun belakangan ini banyak beralih ketanaman lain," ungkapnya.

Menurut Kades Kayumas Abdul Jalil, yang dibutuhkan masyarakatnya adalah permodalan, walaupun sekarang sudah bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) terkait pinjaman modal akan tetapi belum mencukupi kebutuhan dalam mengembangkan usaha kopinya.
"Kami dapat bantuan pinjaman permodalan dari BNI sebesar 2 Miliar dalam setahun melalui Koperasi Surya Abadi yang di salurkan ke pekebun, namun nominal tersebut belum mencukupi," jelasnya.

Dari jumlah Kepala Keluarga (KK) Desa Kayumas sebanyak 2173 KK dan rata-rata semuanya menekuni kebun kopi, dari jumlah tersebut dapat menghasilkan 1 ton/KK setiap panen sehinga alokasi dana pinjaman yang dibutuhkan kurang lebih 100 Miliar.

"Mengingat pasar kopi Indonesia di mancanegara kini memberi harapan yang baik bagi kemajuan industri kopi itu sendiri, Kades Kayumas Abdul Jalil berharap perhatian pemerintah terutama pemda Situbondo," tuturnya.

"Tidak dapat dipungkiri pada tahun 2019 Desa Kayumas mendapat bantuan dana dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebesar 1,3 Miliar untuk pembuatan gudang dan pembelian peralatan, namun saat ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal dikarenakan permodalan tadi," ujar Abdul Jalil.

Menurut Kades Kayumas Abdul Jalil "melihat, masa depan kopi Kayumas akan terus berkembang bila ada campur tangan pemerintah dalam hal permodalan dan dukungan kepada warga Desa Kayumas," pungkasnya.

Pewarta : MZ
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts