KEPEDULIAN YANG TULUS

Situbondo Teropong Timur News

(Sepenggal cerita empati seorang kepala dinas kesehatan terhadap masyarakat tidak mampu.)

 




Kisah ini diawali ketika seorang nelayan yang bernama Salehudin dengan penghasilan yang pas pasan di Desa Pesisir Kecamatan Besuki  kebingungan harus menanggung biaya rumah sakit karena anaknya Ita wulandari melahirkan lebih awal ( prematur ) dirumah sakit Besuki ditahun  2015. Lama memang kejadiannya tapi kejadian tidak akan pernah terlupakan dalam benaknya.Pada waktuitu Ia berusaha kesana kemari mencari uang sebesar Rp. 14.500.000.( empat belas juta lima ratus ribu rupiah ) untuk biaya persalinan dan rawat inap anak dan cucunya yang harus berada dalam inkubator selama 14 hari karena lahir premateur. Ia putus asa tidak berdaya. Terbersit dalam benakya untuk memjualharta satu satunya yaitu rumah dan pekarangan yang tidak seberapa demi anak dan cucunya. Ia bukan peserta  bpjs dan tidak punya KIS. Ketua RT setempat bpk Asnawi dan tokoh masyarakat sudah mengupayakan segala sesuatunya untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan mengurus surat keterangan tidak mampu dari desa, tetapi tidak berhasil karena Ita Wulandari anaknya tidak tercatat sebagai warga desa pesisir. Ita Wulandari kelahiran desa Pesisir tetapi setalah menikah dia pindah ke pulau madura mengikuti suaminya. Karena keadaan ekonomi Ita Wulandari kembali lagi ke desa Pesisir tanpa membawa surat pindah dari desa asal suaminya. Mengurus BPJS dilakukan tetapi itu tidak bisa menolong karena masa aktivasi 14 hari setelah pembayaran pertama, sedangkan Ita sudah masuk Rumah Sakit.

Dunia serasa runtuh, dada sesak dihimpit masalah yang tidak terselesaikan

 Ditengah kegalauan hatiya dia bersama bapak Sunawi ketua RT setempat dan tokoh masyarakat  mempuyai hasrat yang kuat untuk keluar dari masalah tesebut, terbersit niat untuk mengadukan masalah tersebut kepada Kepala Dinas Kesehatan kab Situbondo. Pada waktu yang telah disepakati berangkatlah mereka menuju Kantor Dinas Kesehatan Situbondo meskipun hati mereka ragu apakah permasalahan bisa terselesaikan dengan menemui dan mengadukan masalahnya kepada Kepala.Dinas Kesehatan. Kenal saja tidak bahkan bertemulun tidak pernah. Tetapi keraguan hati mereka tepis demi seorang Ita Wulandarii dengan keyakinan dimana ada usaha di situ ada jalan. Allah akan mengabulkan niat seorang hambanya jika ia bersungguh sungguh mengusakannya. Sesampainya di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo mereka diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan yang tak lain adalah bapak Abu Bakar Abdi. Dengan senyumnya yang khas dengan ramah bpk Abu Bakar Abdi  menerima dan mendengarkan keluh kesah bapak Salehuddin yang tidak berdaya mengatasi biaya persalinan dan perawatan anak dan cucunya di RS Besuki. Alhamdulillah rupanya  usaha bapak Salehuddin bersama bpk Sunahwi dan Tokoh Masyarakat di kabulkan oleh Allah SWT. Bapak Abu Bakar Abdi dengan sepenuh hati membantu memfasilitasi semua biaya persalinan dan perawatan anak dan cucu bpk Solehuddin, yang mengharukan bapak Abu Bakar Abdi saat itu memberikan semua uang yang ada dalam dompetnya (yang masih di ingat oleh bpk Salehuddin sebesar Rp. 647.000.) untuk biaya pulang dan kebutuhan selama dirumah sakit.

Tidak sampai sampai disitu, kepulangan anak bpk Solehuddin Ita Wulandari  bersama cucunya dari rumah sakit menggukan mobil bpk Abu Bakar Abdi.

Ketika cerita ini dikonfirmasi kepada bapak Abu Bakar Abdi, bapak Abu Bakar Abdi merasa lupa terhadap peristiwa tersebut, ini karena bapak Abu Bakar Abdu ikhlas dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuannya dan sudah tidak terbilang orang yang telah dibantu.

Betapa mulia hati seorang Abu yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu sesamanya.

Semoga Allah selalu memberkati dan memberi kesehatan bapak Abu Bakar Abdi agar bisa berbuat lebih banyak untuk kebaikan masyarakat.

 

 (Episode pertama)

Penulis : Erlan

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts