Kunjungan Kerja Lapangan Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo ke PT ADITYA SINAR PRATAMA dan Gudang PT Pupuk Kaltim.


Situbondo Teropong Timur News.







Dalam rangka Monitoring Pajak Mineral Bukan Logam / Galian C dan Pajak Air Bawah Tanah ( ABT ) untuk evaluasi dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) di Kabupaten Situbondo serta Cek Stok Pupuk Subsidi Komisi II DPRD mengadakan kunjungan kerja lapangan ke PT ADITYA SINAR PRATAMA di desa Blibis dan gudang PT Pupuk Kalim di desa Kalibagor Kabupaten Situbondo. Dalam Kunjungan Kerja Lapangan DPRD kabupaten Situbondo ( ketua, wakil ketua dan 4 anggota komisi Ii ) didampingi oleh Kepala Bidang Pajak BPPKAD Situbondo. Adapun materi yang di dalami dalam kunjungan kerja ini adalah kontribusi pajak  PT ADITYA SINAR PRATAMA terhadap Penghasilan Asli Daerah ( PAD ) terutama pamakaian air bawah tanah dan bahan baku batu yang dipakai untuk campuran aspalt hotmix.
Dari hasil tanya jawab / diskusi antara DPRD, Kabid Pajak BPPKAD kab Situbondo dan staf Pelaksana PT ADITYA SINAR PRATAMA disimpulkan bahwa selama ini PT ADITYA SINAR PRATAMA dalam proses produksinya bahan baku batu untuk campuran aspalt hotmix tidak memakai bahan baku / batu lokal, tetapi didatangkan dari luar kabupaten Situbondo yaitu dari jember. Awalnya memang memakai bahan baku lokal tetapi karena kebijakan PT ADITYA SINAR PRATAMA dalam pembayarannya terlalu lama maka suplier lokal mengundurkan diri dan tidak lagi mensuplai bahan baku / batu untuk PT ADITYA SINAR PRATAMA.
Terhadap pemakaian air bawah tanah sudah sesuai dengan standart yaitu memakai stand meter sehingga dinas terkait BPPKAD dapat dengan mudah menghitung pajak yang harus masuk pendapan asli daerah
Sedangkan dalam kunjungan kerja di PT Pupuk Kaltim diperoleh fakta  bahwa jatah pupuk kaltim dari pusat  tahun 2019 untuk kabupaten Situbondo adalah  43 ribu ton lebih tetapi pada tahun 2020 ada penurunan  jatah menjadi  27 ribu ton lebih. Sedangkan alas an penurunan jatah dari  PT. Pupuk Kaltim pusat  belum diketahui secara pasti, apakah karena memang poduksi pupuk PT. Pupuk Kaltim menurun atau sebab lain ( penyempitan lahan peanian ) dikabupaten Situbondo masih belum dikatahui secara pasti. Keadaan ini lebih memeparah keadaan  petani di Situbodo yag sebelumnya  sudah dihdapkan pada masalah kelangkaan pupuk.
Menyikapi hal ini kepala PT. Pupuk Kaltim Situbodo bersama Bupati Situbondo mengajukan penambahan  jatah pupuk Kaltim ke kantor Pusat dan Kanwil  untuk mengatasi kelangkaan pupuk di tingkat petani, agen, distributor.
Pewarta : Erlan/Wahyudi/tim

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts