Kasus UU ITE: ASN Dinas Pertanian Bondowoso Divonis 1 Tahun 3 Bulan Penjara dan Denda Rp 10 Juta

BONDOWOSO – teropongtimur.co.id
– Pengadilan Negeri Bondowoso menjatuhkan vonis 1 tahun dan 3 bulan penjara untuk Alex Sony, terdakwa dalam kasus pencemaran nama baik yang melibatkan sesama Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, menggunakan Undang-Undang Informatika dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Vonis tersebut dibacakan Majelis Hakim yang diketuai I Wayan Eka Mariarta dan Hakim Anggota Masridawatidan Daniel Mario, dalam sidang pembacaan putusan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Bondowoso, kamis (31/7).

Mejelis Hakim menyatakan Alex Sony terbukti melanggar Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor : 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo. pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor : 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

"Menyatakan Terdakwa Alex Sony Bin Abdul Manap (Alm) telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Dengan sengaja dan tanpa hak membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”.

“Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan 3 (tiga) Bulan dan denda sebesar Rp.10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) Bulan”. dalam putusan Majelis Hakim.

Putusan tersebut lebih ringan 3 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Bondowoso pada sidang sebelumnya, yang menuntut 1 tahun dan 6 bulan penjara. Serta pidana denda sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) subsidiair 6 (enam) bulan kurungan.

Majelis Jakim juga menetapkan seluruh barang bukti berupa Menetapkan barang bukti berupa 2 (dua) bendel Screenshot Percakapan Whatsapp Group Bidang Peternakan tertanggal 17, 18 dan 19 Oktober 2019; Tetap terlampir dalam berkas perkara. Dan 1 (satu) buah HP Android Merk VIVO tipe Y93 warna biru dengan Nomor WA : 082331491708, dengan Nomor Imei : 864479046454477, dan Nomor Imei : 864479046454469; Dirampas untuk Negara.

Kasus ini berawal, terdakwa Alex Sony mengomentari komentar saksi Anita Yuliana dengan mengetag saksi dengan caption “dasar reng binik, poke na gatel...crewetnya minta ampun”.

Akibat kejadian tersebut saksi Anita Yuliana merasa dilecehkan, dipermalukan dan di hina di grup tersebut.
Dalam persidangan, menurut Dra. Anastasia Erna Rochiyati Sudarmaningtyas, M. Hum (Ahli Bahasa), komentar Terdakwa Alex Sony dengan caption ~tae ben ndak abang lambe ben, ngkok cremen kia ke ben~ yang artinya Terdakwa Alex Sony menuduh kalau saksi Anita Yuliana orang yang pandai bicara tapi tidak ada buktinya (hanya manis di mulut), juga menunjukkan kebencian terhadap saksi Anita Yuliana dan caption ~dasar reng binik, poke na gatel. crewetnya minta ampun~ yang artinya ~dasar perempuan. kemaluannya gatal~ merupakan kata-kata yang tabu, tidak sopan, tidak layak untuk diucapkan kepada orang lain terutama perempuan karena berkaitan dengan ~kemaluan wanita, apalagi ditambahkan kata ~gatal~ yang artinya lebih jorok dan tidak sopan lagi, sehingga kalimat tersebut benar-benar menghina dan memandang rendah seorang perempuan dalam hal ini saksi Anita Yuliana.

Ketua LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, SE, mengapresiasi putusan hakim yang memberikan hukuman penjara kepada pelaku tindak pidana ITE yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara.

“Saya sangat mengapresiasi putusan hakim yang tegas menghukum ASN yang melanggar UU ITE, dengan hukuman 1 tahun dan 3 bulan penjara. Saya berharap, untuk kasus yang saat ini sedang bergulir terkait ancaman pembunuhan kepada ASN, apalagi dilakukan oleh pejabat pimpinan ASN, menjatuhkan vonis yang sama atau lebih berat karena terdakwa adalah pimpinan tertinggi ASN di tingkat Kabupaten,” harap H. Nawiryanto Winarno. (Tim Redaksi)

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts