LSM Teropong Timur Kawal Sidang Ke-14 Sekda Bondowoso



Bondowoso,www.teropongtimur.co.id. 

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Teropong bersama Awak media Teropong timur News yang mengatasnamakan diri sebagai Pendukung Bupati Bondowoso KH. SALWA ARIFIN dengan kompak datang ke Pengadilan Negeri (PN) Bondowoso. Untuk memberikan dukungan moral kepada Majelis Hakim dan memastikan persamaan di hadapan hukum, di mana setiap orang tunduk pada hukum peradilan yang sama (proses hukum). “Hukum tidak tajam ke bawah dan tumpul keatas, "hal itu disampaikan oleh Ketua Umum LSM Teropong, H. NAWIRYANTO WINARNO SE, pada senin 26 Oktober 2020

Diketahui, sidang kasus ancaman pembunuhan oleh terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) non aktif, SAIFULLAH, kepada bawahannya, kali ini memasuki sidang ke-14 dengan agenda persidangan, pemeriksaan terdakwa.

foto ketua LSM teropong no.2 dari kiri

Ketua LSM Teropong, H. NAWIRYANTO WINARNO SE, merasa ada yang istimewa terhadap Terdakwa, karena ada perbedaan perlakuan dengan kasus sejenis atau dakwa'an sejenis. Kasus tersebut antara lain :

1). Nomor kasus 166/Pid.Sus/2020/PN Bondowoso, klasifikasi perkara Informasi dan Transaksi Elektronik, terdakwa ALEX SONY BIN ABDUL MANAP (Alm) diancam pidana dalam Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor : 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo. pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor : 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana yang didakwakan dalam Dakwaan Kedua Penuntut Umum. Terhadap terdakwa juga dikenakan penahanan. Vonis majelis hakim, menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan 3 (tiga) Bulan dan denda sebesar Rp.10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) Bulan;

2). Nomor kasus 141/Pid.B/2020/PN Bondowoso, klasifikasi perkara Kejahatan terhadap Kemerdeka'an Orang , terdakwa SAMSURI Alias P. ITA Bin SANAWI, ancaman Pasal 335 ayat (1), dikenakan penahanan. Vonis majelis hakim, menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa SAMSURI Alias P. ITA Bin SANAWI (Alm) oleh karena itu dengan pidana penjara selama : 2 (dua) bulan dan 20 (dua puluh) hari;

Sebagai masyarakat yang awam hukum, LSM Teropong tidak dapat menjawab pertanya'an masyarakat atas perlakuan hukum yang berbeda antara masyarakat biasa seperti SAMSURI alias P. ITA atau terdakwa yang hanya staf Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti ALEX SONYl.

Mengapa kepada kedua terdakwa tersebut, dikenakan penahan, sedang terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) non aktif, SAIFULLAH, tidak dilakukan penahanan, "Kata H. Nawiryanto.

Untuk itu, kami dari LSM Teropong akan terus mengawal persidangan ini, semoga Majelis Hakim dapat menjatuhkan vonis yang seadil-adilnya, dan memperlakukan semua orang sama di hadapan hukum.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Teropong, juga berharap, terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) non aktif dapat menjelaskan semua pihak-pihak yang terlibat, sampai terdakwa yang saat itu masih menjadi ASN kota tetangga, sudah berani mengintimidasi sampai dengan melakukan ancaman pembunuhan kepada pejabat di Bondowoso. “Pasti ada orang yang ada dibelakang terdakwa, atau bahkan menyuruh terdakwa, buka saja semua pihak yang terlibat, "Katanya.

H. NAWIRYANTO WINARNO SE, juga berpesan, LSM Teropong tidak ada yang menunggangi apalagi ada yang menuding LSM bayaran. "Yang bayar kami adalah tekat kami sendiri. Kami memiliki tanggungjawab moral Kepada Masyarakat, karena saya dan segenap jajaran pengurus dan Anggota LSM Teropong adalah pendukung terdakwa Sekda non aktif saat mendaftarkan diri dalam Pansel Sekda. Tetapi setelah menduduki jabatan sekda dan tidak bekerja sesuai komitmen, maka kami pulalah yang pertama kali mengkritik kepemimpinannya, "cetusnya.

Saya yakin seluruh masyarakat masih ingat, sesaat setelah pelantikan Terdakwa sebagai Sekda. Beliau berjanji, tidak akan main proyek, akan makan dari gaji dan honor, menjaga marwah bupati dan bekerja profesional. "Kenyataanya, belum juga dilantik sudah melakukan ancaman pembunuhan Kepada Kepala BKD, kurang dari 1 tahun kepemimpinannya sudah terjadi carut marut mutasi birokrasi sampai melahirkan interpelasi DPRD, terakhir viralnya Chatting Terdakwa dengan Oknum PNS yang sempat viral, "katanya.

Dia berharap terdakwa Sekda non aktif, mau membongkar siapa saja yang terlibat dalam skandal “pelantikan sekda”. "Terdakwa harus bongkar semua. Biar menjadi gamblang siapa yang terlibat, biar semua masyarakat tau, kami siap kawal, "pungkasnya.


Direlis: Tim Teropong
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts