Marak Galian C Ilegal Karena Biaya Izin Mahal dan Sulit?


OPINI – teropongtimur.co.id - Maraknya kegiatan pertambangan galian c hampir di seluruh daerah masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah. Sebab masalah pertambangan yang tak miliki izin belum juga ada titik terang. 

Para petambang galian c enggan atau tidak mampu mengurus izin karena beberapa alasan, salah satu alasan mereka tidak mengurus izin karena persyaratannya terlalu sulit, dan biaya yang sangat mahal. 

Tidak ada standar biaya yang jelas dalam mengurus izin pertambangan, sehingga dimanfaatkan oleh oknum berwenang untuk menarik tarif pengurusan tambang galian c diluar ketentuan dan kewajaran. 

Padahal kegiatan pertambangan galian c keberadaannya sangat dibutuhkan, untuk memenuhi kebutuhan material proyek pembangunan di daerah, disamping itu pertambangan dapat menyerap banyak tenaga kerja yang tidak terserap oleh pemerintah. 

Sejauh ini, maraknya tambang pasir atau galian c ilegal sulit dibendung keberadaannya, kebutuhan materal yang sangat tinggi untuk memenuhi proyek pembangunan pemerintah daerah, swasta dan bangunan pribadi masyarakat. Walaupun pemerintah serta beberapa pihak lainnya mempermasalahkan keberadaan tambang galian c, hanya saja pemerintah tidak dapat memberikan solusi secara cepat dan tepat. 

Belum lagi ditambah, lahirnya UU 3 Tahun 2020 tentang Minerba, mencabut kewenangan pemerintah daerah atas penerbitan izin, pemerintah kabupaten tidak memiliki wewenang apa-apa selain pengendalian. 

Dibutuhkan kebijakan pemerintah yang pro rakyat, dalam hal ini memberikan kemudahan dan meringankan biaya proses perizinan, karena hal itu menjadi penyebab para pengusaha tambang galian c enggan mengurus izin karena mahal dan sulit. 

Sebagian besar tambang galian c merupakan perusahaan milik perseorangan, yang memiliki kemampuan modal terbatas. Tetapi setiap tambang galian c, sudah jelas dapat menyerap begitu banyak tenaga kerja, menggerakkan usaha transportasi, makanan dan muliti efek ekonomi lainnya. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten dapat membantu dan menindaklanjuti proses perizinan galian c yang ada. Sehingga, persoalan galian c ini segera teratasi dan tidak melabrak aturan, tentunya tambang galian c yang dinilai tidak merusak lingkungan atau berdampak kecil terhadap kerusakan ekosistem. 
Penulis : H. Nawiryanto Winaro, SE 

Ketua Umum LSM Teropong
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts