Menunggu 25 tahun untuk bisa mendengar dengan sempurna. ( Secuil kepedulian seorang Kepala Dinas )

Situbondo Teropong Timur News


Adalah Baidawi seorang pemuda  desa Mojosari Kecamatan Asembagus yang setiap harinya menganyam dan merajut tali benang untuk dijadikan gorden pintu dan jendela dengan kwalitas sangat bagus. Ia dilahirkan dalam keadaan normal sebagaimana bayi pada umumnya dari keluarga ( bpk Abadi ) yang sangat sederhana kehidupan kesehariannya. Kehadiran Baidawi menambah kebahagiaan keluarga bpk Abadi yang memang mendambakan seorang anak lelaki sebagai penerus keturannya. Namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, karena diusia 3 bulan Baidawi kecil terserang stiup / demam tinggi tang disertai kejang kejang,  ini berlangsung sampai usia 3 tahun. 
Segala pengobatan sudah dulakukan, baik secara medis maupun non medis. Serangan stiup / demam tinggi disertai kejang kejang berdampak pada fungsi pendengaran dan kemampuan berbicara Baidawi. Dengan segala keterbatasannya di usia sekolah Baidawi di sekolahkan ( sekolah dasar ) di sekolah umum dengan didampingi oleh orang tuanya. Namun di jenjang selanjutnya keluarganya memutuskan untuk tidak menyekolahkan Baidawi karena selain jarak sekolah dengan tempat tinggal Baidawi yang relatif jauh juga biaya dan pengawasan yang menjadi pertimbangan untuk tidak menyekolahkan. Karena Baidawi dalam kesehariannya terlalu tergantung pada temannya ( tidak mandiri ). Tetapi Allah maha adil, dibalik keterbatasannya ia dikaruniai kelebihan daya ingat tang sangat kuat, bahkan ia bisa menghafal nama semua orang yang ditemui dengan detail dg alamatnya. Selain itu ia juga punya ketrampilan merajut tali benang tanpa belajar secara formal. Sesulit apapun bentuk anyaman / rajutannya ia bisa mengerjakan, bahkan hanya dengan melihat dari gambar ia bisa mengerjakannya. Dengan berjalannya waktu diusianya yang mendekati remaja ia ingin mendengar (secara normal ) seperti halnya teman2 dan saudara saudaranya yang lain. Hal ini disampaikan kepada orang tuanya, tetapi apalah daya, orang tua tidak mempunyai uang untuk membeli alat bantu pendengaran. Orang tua Baidawi bingung mencari solusi, mau pinjam uang kepada tetangga tidak mungkin. Karena  takut ridak bisa melunasi hutang tersebut. 
Akhirnya ia berkeluh kesah kepada Kepala Desa Mojosari ( bpk Samsiyadi ). Dari hasil muayawarah antara kepala desa dan keluarga Baidawi diputuskan bahwa Kepala Desa akan memfasilitasi kebutuhan keluarga Baidawi dengan bapak Abu bakar Abdi sebagai kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo. Alhamdulillah.. rupanya do'a dan harapan keluarga Baidawi didengar dan dikabulkan oleh Allah. Bpk Abu Bakar Abdi merespon dengan positif dan memberikan bantuan secara langsung dengan mendatangi kediaman Baidawi. Rasa bahagia dan haru menyelimuti keluarga Baidawi dan tokoh masyarakat atas kedatangan bpk Abu Bakar Abdi Dengan gayanya yang khas ceplas ceplos dan senyum yang selalu tersungging bpk Abu Bakar Abdi mendengarkan keluh kesah dan harapan keluarga Baidawi dan masyarakat sekitar melalui tokoh masyarakat yang hadir.  Banyak keluhan dan harapan masyarakat yang disampaikan kepada bpk Abu Bakar Abdi yang kesemuanya di tanggapi dengan positif. Setelah memahami semua keluhan dan harapan masyarakat bapak Abu Bakar Abdi  akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi harapan masyarat. Diakhir pertemuan keluarga Baidawi dan masyarakat mendo'akan agar bpk Abu Bakar Abdi selalu diberi kesehatan dan diridlo'i segala amal perbuatannya dan semoga menduduki habatan yang lebih tinggi (wakil bupati) sehingga bisa lebih luas lagi kewenangannya dan lebih luas lagi jangkauannya dalam mengabdikan diri membantu masyarakat.
 Amiin.
 (Erlan)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts