Tindak Lanjut Pengaduan, LSM Teropong Kecewa Pelayanan Polres Situbondo


SITUBONDO – teropongtimur.co.id
– Polres Situbondo malalui Kanit Piter, Bpk. Mohtar, mendatangi Kepala Desa Kalibagor Situbondo atas dasar pengaduan LSM Teropong terkait dugaan pemalsuan dokumen adminidalam proses pemilihan Kepala Dusun.

Kades Kalibagor dipanggil oleh Polres Situbondo pada senin 19 Oktober 2020. Di satu sisi, LSM Teropong mengapresiasi Polres Situbondo yang merupakan bentuk pelayanan cepat dalam memberikan pelayanan masyarakat.

Pemanggilan Kades Kalibagor tersebut, sebagai salah satu upaya yang dilakukan Polres Situbondo untuk memberikan pelayanan masyarakat berkaitan dengan pengaduan kasus dugaan pemalsuan dokumen persyaratan pendaftaran Kepala Dusun.
Tetapi setibanya Kades Kalibagor di Polres Situbondo, dengan alasan pihak penyidik tidak ada ditempat, tidak dilakukan pemeriksaan kepada terlapor yang telah dipanggil tersebut. Tidak hanya itu, pihak penyidik juga tidak ada kejelasan kapan terlapor dipanggil kembali oleh Polres Situbondo.

Ketua Umum LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, menyatakan kecewa terhadap pihak penyidik Polres Situbondo, yang terkesan tidak serius menangani pengaduan masyarakat. “Memang sudah sepatutnya laporan mengenai suatu tindak pidana ditindaklanjuti oleh polisi. Akan tetapi, terkadang laporan tersebut tidak kunjung mengalami perkembangan. Dalam hal ini, jika memang diperlukan, LSM Teropong akan melakukan upaya pengaduan masyarakat (Dumas) sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara Nomor 9 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia”. 
Sudah menjadi tanggungjawab bersama, kata H. Nawiryanto, bahwa Dumas adalah bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat yang disampaikan oleh masyarakat, Instansi Pemerintah atau pihak lain kepada Polri berupa sumbangan pikiran, saran, gagasan atau keluhan/pengaduan yang bersifat membangun. 
Sebagaimana yang kami akses melalui laman https://www.polri.go.id/polisiku, Polri telah melaunching aplikasi Polisiku, yaitu aplikasi perantara bantuan polisi kepada masyarakat yang dapat didownload di android play store dan apple app store. Aplikasi PolisiKu memiliki fitur utama yaitu untuk mencari pos polisi terdekat dari posisi masyarakat. Selain itu terdapat fitur lain antara lain melakukan pengaduan masyarakat. (Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts