Bawaslu: Temuan Pelanggaran Harus Akurat Buktinya



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Jelang Pilkada serentak yang akan berlangsung pada bulan Desember 2020 dan sudah di ketahui bersama bahwa pada pemilihan Bupati Banyuwangi hanya menyisakan dua pasangan calon, yaitu YUSUF-RIZA paslon nomer urut 01 dan IPUK-SUGIRAH paslon nomor urut 02.

Dalam mensukseskan hajat besar warga Banyuwangi untuk memilih pemimpin Banyuwangi yang akan menduduki kursi jabatan sebagai Bupati, tentunya di harapkan peran serta bersama, termasuk salah satunya adalah Badan Pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah Lembaga Penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bawaslu diatur dalam bab IV Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik.maka dalam hal inilah di perlukan Netralitas dalam menjalankan tugasnya.

Seperti yang di sampaikan Ketua Bawaslu Banyuwangi dan Koordinator Divisi penyelesaian sengketa HAMIM, SH.saat di temui di kantornya. Selasa.(3/11/2020).
mengatakan "Dalam Pemilihan nanti, kami mengharapkan netralisasi ASN, netralisasi SARA, netralisasi BANSOS termasuk di dalamnya Pengawasan terjadinya politik uang. tetapi di karenakan ada keterbatasan tenaga di dalam pengawasan tersebut,
maka di butuhkan partisipasi peran serta masyarakat dan juga pengontrolan media dari berita hoax. dan apabila ada temuan pelanggaran maka harus jelas siapa yang melapor dan yang di laporkan dengan membawa bukti-bukti formil maupun material yang kuat ". ringkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC LSM KOBRA Banyuwangi DAUD DJONI, WD berkomentar "kami sangat mensuport atas tugas Bawaslu yang telah bekerjasama dengan POLRI dan Kejaksaan dalam mensukseskan Pilkada 2020 Banyuwangi dan kami pun berharap bisa berjalan lancar, aman, tentram dan kondusif.
Seandainya terjadi temuan dari masyarakat terkait adanya pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada nanti maka harus di sertai bukti-bukti valid dan saksi, saksi ahli dan kedepannya kami akan bersinergi dengan Bawaslu Banyuwangi". singkatnya.

reporter : Arsi/FW
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts