Cawabup Dari Paslon No Urut 2 Mulya Abadi H.Abu Bakar Abdi Hadir Ke Lomba Ojung Di Bugeman Kendit Situbondo

Situbondo Teropong Timur News



Sebagai rasa syukur atas hasil bumi yang telah dipanen,Desa Bugeman Kecamatan Kendit menggelar serangkaian acara selametan desa. Termasuk menggelar Ojung (bahasa madura.red), salah satu kesenian ekstrem yang terus dilestarikan masyarakat setempat Selasa (10/11).

Mulanya, kesenian ojung ini dirayakan oleh satu dusun yang ada di desa tersebut. Karena kesakralan kesenian itu kemudian dilirik pemerintah desa,kabupaten bahkan dinas pariwisata dan menjadi ikon tersendiri bagi Bumi Shalawat Nariyah.

Tradisi turun temurun itu diperagakan laki-laki usia anak-anak, remaja, dewasa termasuk orang tua. Sebab, dalam sejarahnya banyak yang meyakini kesenian ini digunakan sebagai cara memohon hujan ketika musim kemarau. Lebih dari itu, ada juga yang meyakini jika tak dilaksanakan, maka malapetaka bakal terjadi. Seperti gagal panen dan terjadi musibah lainnya.

Lambat laun kesenian yang diwariskan nenek moyang itu, kini tak hanya digelar saat ritual meminta hujan maupun perayaan selamatan desa.Wajar saja sampai saat ini kesenian itu masih berjalan. Bahkan banyak generasi muda saat ini juga terlibat menggeluti dan turut melestarikannya.

Dalam permainan kesenian ini, antara satu dan lainnya beradu sabetan dengan rotan yang disediakan. Tentu tidak bisa sembarang memainkan, ada sejumlah aturan yang disepakati bersama. Siapa yang paling hebat adalah orang yang paling sedikit sabetannya.

Dalam permaianan ini tak satupun pemain menyimpan dendam ketika mendapat sabetan. Justru mereka kadang asik menari menghibur pengunjung yang menonton. Meskipun digelar sekali dalam setahun, kesenian ini tetap ditunggu-tunggu masyarakat setempat bahkan masyarakat luar daerah hingga luar kabupaten Situbondo.

"ojung ini digelar dalam rangka selamatan desa supaya desa kita dijauhkan dari musibah"pangkas Eko selaku tokoh masyarakat desa Bugeman saat diwawancara oleh awak media Teropong timur news. Dalam kesempatan ini paslon nomor urut 2 juga tidak mau melewatkan acara sakral tersebut.

Calon wakil bupati dari pasangan Mulya Abadi, Abu bakar abdi ikut hadir dalam acara tersebut sembari membagi masker kepada para penonton yang hadir dalam acara ojung.

 

Pewarta : Mochsin







Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts