Disinyalir Ada Kebocoran Pendapatan Pengelolaan KP, BUMDES Gresik Putih Dpolisikan



Sumenep,www.teropongtimur,co.id.

Kasus dugaan penyimpangan pada pengelolaan kapal tongkang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura menggelinding ke Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pasalnya, BUMdes di laporkan ke Korp Bhayangkara tersebut Terkait adanya dugaan tidak setor deviden ke desa lewat PADes di Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)

"Kami sudah melaporkan BUMDes tersebut karena diduga ada kerugian negara dalam pengelolaan kapal tongkang, akibat tidak setor deviden ke Desa lewat PADes di Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).
Sehingga, pendapatannya disinyalir ada kebocoran, "kata Saifuddin Aktivis LIPK Sumenep.

Sehingga, dirinya menduga ada pelanggaran yuridis yang harus dicari pembenarannya lewat pengusutan penyelidik di Kepolisian. "kejanggalan pengelolaan, karena pendapatan tongkang tidak transparan, "Ujar Saifuddin.

Padahal, jelas sudah kalau di hitung secara kasat mata bisa saja itu untung. "Kalau alasan subsidi silang, dengan unit usaha lain, kami meminta penegak hukum yang menulusuri masalah ini, "tuturnya.

Bayangkan, sambung dia, kapal itu berlayar setiap hari ,dengan kapasitas 22 motor, sementara tarifnya Rp 5 ribu permotor, dan bahkan jika pagi sampai sore itu pasti ramai pengunjung. "Namun itu tidak dikelola secara benar,karena tidak pakai tiket.kan itu mudah di bocorkan. "ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap polisi mengusut kasus ini hingga tuntas.Bahkan jika ada pelanggaran pidana yang mengarah ke korupsi,bisa langsung di tindak tegas. "Kami sudah berikan bukti petunjuk awal kepada pihak kepolisian.dan bahkan jika masih dibutuhkan, kami siap memberikan tambahan bukti, "tegasnya.

Sementara HARIS selaku ketua BUMdes belum bisa dimintai keterangan terkait masalah ini. Saat dihubungi lewat sambungan telepon tidak aktif, namun pada keterangan sebelumnya HARIS mengatakan kalau dirinya baru mengelola itu sejak bulan Mei lalu. Bahkan, saat ini pengoperasian tongkang itu sudah menggunakan tiket resmi, "ujarnya

Sekedar diketahui, pengelolaaan Kapal Tongkang oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didesa Gersik Putih, kecamatan Gapura terus mendapatkan sorotan.karena Kapal yang sudah beroperasi pada tahun 2017 lalu itu disinyalir tidak menyetorkan PADes.padahal kabarnya pendapatannya sangat besar.

Informasi dari LIPK (Lembaga Independen Pengawas Keuangan), Kapal usaha pengangkutan itu berkapasitas 22 motor. Sementara tarifnya Rp 5 ribu permotor. jasa penyeberangan ini melayani dari pukul 6 pagi sampai dengan pukul 19.30 malam, Sementara pendapatan perhari bisa di tafsir kisaran kurang lebih hingga Rp 7 juta.
Angka ini cukup fantastis jika di kalikan satu bulan atau bahkan satu tahun. Dan Kasus ini sudah di tangan pihak kepolisian.

Pewarta: Shofi Barokah
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts