KONFLIK SUMBER AIR , DLH LAKUKAN PEMANTAUAN

Situbondo Teropong Timur News

Dalam rangka menindaklanjuti laporan aduan oleh LSM PENJARA DPC Situbondo tentang eksplorasi air tanah yang terjadi di PT PMMP Panca Mitra Multi Perdana (PT Salem),setelah digelar pertemuan yang difasilitasi oleh Komisi 3 selasa 24 Nopember kemarin,kini giliran pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , didampingi oleh bapak Nuzul perwakilan dari PT PMMT bersama rekan dari LSM PENJARA kembali turun ke lokasi guna melihat secara langsung fakta yang ada dilapangan.
Setelah melakukan pemantauan didesa wonokoyo dusun Pathek Siswadi selaku perwakilan dari DLH menyatakan "tidak ada kekurangan air,sekali lagi saya tegaskan tidak ada kekurangan air , ini masalah tehnis kalau kita katakan debit air berkurang maka kita juga harus punya data pembanding dengan debit air yang sebelumnya. Sementara kita tidak punya   data debit air yang sebelumnya sekitar 15 tahun yang lalu seperti apa. Ada beberapa penduduk yang sumur artesisnya memang tidak bisa keluar sendiri tapi harus dibantu dengan pompa" Menurutnya untuk solusi permasalah ini belum bisa memutuskan karena harus mendatangkan dari ESDM untuk membandingkan akuifernya sama atau tidak dengan yang diadukan masyarakat,kalau memang terbukti sama tentu ada penyebab disitu,ada dampak disitu. Tapi kalau akuifernya beda mungkin karena akuifer yang ada disini memang turun.
Kalau memang tidak harus melakukan pemompaan mungkin ya harus memperdalam sedikit untuk dikalangan masyarakat. Imbuhnya kepada awak media
Menurut Muchsin al fajar selaku ketua DPC LSM PENJARA "Kan sudah jelas mbk,dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar besar kemakmuran rakyat.
Lha kalau seperti ini caranya apa rakyat bisa merasakan kesejahteraan ? Dengan kualitas dan kwantitas air yang seperti ini karena dampak PT PMMP. Memang ada beberapa sumur artesis yang tidak mati tolal karena masyarakat mengakali dengan mesin / dap,padahal di tahun 2018 sumu tersebut baik baik saja dan airnya pun mengalir normal tanpa bantuan mesin/dap. Dengan nada geram saat diwawancara oleh media Teropong Timur news.

Yang saya herankan itu mbk,ditempat saya ini sudah beberapa bulan terakhir ini air tidak ngalir sama skali. Ketika ada mbk dan bapak bapak kesini koq bisa  galir yaa airnya? Sekalipun keluarnya air kecil.
Ada apa ini ya mbk? Imbuh ibu Juhariah selaku warga setempat dengan nada heran.
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts