KUA-PPAS Belum Diserahkan Kepada DPRD, Pengesahan APBD Bondowoso 2021 Terancam “MELESET” Tepat Waktu



BONDOWOSO – teropongtimur.co.id – Pembahasan sekaligus pengesahan R-APBD Bondowoso 2021 terancam “MELESET” tepat waktu. Hal Ini karena Pemkab Bondowoso hingga November 2020 belum menyerahkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) ke DPRD Bondowoso.

Ketua LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno menegaskan jika hingga detik ini Pemkab Bondowoso belum menyerahkan KUA-PPAS untuk APBD 2021 Kepada DPRD. Imbas keterlambatan ini kemungkinan pengesahan R-APBD 2021 terancam “MELESET” tepat waktu atau tidak seperti biasanya, yaitu pengesahannya APBD Bondowoso pada akhir november atau maksimal awal bulan Desember.

“Desember tinggal tiga minggu lagi, namun dokumen KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021 belum diserahkan Bupati ke DPRD Bondowoso. Jelas DPRD tidak mungkin dapat melaksanakan Rapat Bamnus, untuk menjadwalkan pembahasan KUA-PPAS”.

Dengan belum dibahasnya KUA-PPAS maka menurut Nawiryanto pengesahan APBD Bondowoso yang biasanya dilakukan pada akhir November atau awal desember akan sulit direalisasikan. Karena sesuai aturan, sebelum membahas R-APBD, harus dimulai dengan pembahasan KUA-PPAS terlebih dulu.
 “Saya rasa berat jika APBD Bondowoso 2021 bisa disahkan pada awal Desember mendatang karena KUA-PPAS belum diserahkan, lalu kemudian dilanjut pembahasan R-APBD 2021, tak mungkin hanya dibahas dalam waktu 4 minggu atau kurang dari itu. Kalaupun dipaksakan, kualitas R-APBD 2021 akan jauh dari visi misi pemerintah “MELESAT”, dan cenderung “MELESET” dari visi misi pemerintah.

Nawiryanto sangat menyesalkan, pihaknya tidak mengetahui alasan pasti keterlambatan Pemerintah Bondowoso menyerahkan dokumen KUA-PPAS tahun anggaran 2021. Bahkan sampai dengan saat ini belum ada penjelasan resmi yang diberikan oleh pihak eksekutif. Saya berharap DPRD Bondowoso pro aktif meminta draft KUA PPAS kepada Pemerintah, walau sifatnya DPRD tidak memaksa, karena DPRD hanya membahas KUA PPAS, jika dokumen sudah sampai di DPRD Bondowoso,” Jelasnya.

Nawiryanto juga mengkritisi, Politisi koalisi pemerintah seperti PDIP dan PPP, yang terkesan diam dan tidak memiliki inisiatif membantu pemerintah menyerahkan dokumen KUA PPAS sesuai dengan jadwal. Kinerja yang lambat akan menghilangkan peluang Pemda Bondowoso bisa mendapatkan reward dari pemerintah pusat karena tidak mampu menyelesaikan APBD Bondowoso tepat waktu,” kritiknya.
Sementara KUA PPAS harus selaras dengan R-APBD Bondowoso 2021 dengan realitas persoalan yang sedang dan akan dihadapi saat ini. Nawiryanto berharap, pada pos belanja daerah yang meliputi belanja langsung dan belanja tidak langsung difokuskan untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat. “Bagaimana Bondowoso dapat MELESAT, jika kinerja pemerintah saat ini begitu lamban, apalagi masih dihadapkan pandemi Covid-19. R-APBD 2021 diharapkan memiliki skala prioritas pemulihan ekonomi masyarakat Bondowoso akibat dampak ekonomi pancemi Covid-19.

Dengan sisa waktu yang ada, saya pesimis, kata Nawiryanto, pembahasan KUA PPAS dan R-APBD 2021 akan dilakukan dengan tergesa-gesa, yang pastinya kualitas perencanaan anggaran akan jauh dari maksimal, lebih-lebih R-APBD 2021 asal dok anggaran, hanya untuk memenuhi target waktu pengesahan agar tidak terkena sanksi dari Pemerintah pusat. Jika asal dok anggaran, dapat dipastikan kualitas APBD 2021... “Ambyarrrr.....”.(*)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts