Sidang Pembacaan Tuntutan Perkara Pengancaman, Terdakwa Menolak Diliput Wartawan

BONDOWOSO – teropongtimur.co.id
–Sidang perkara pengancaman dengan terdakwa sekda non aktif Bondowoso, Syaifullah, masuk pada agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Bondowoso, kamis 12/11/2020.

Sidang sempat mundur dari jadwal yang seharusnya pukul 10.00 WIB, baru dapat dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Dalam sidang pembacaan tuntutan tersebut, JPU menuntut terdakwa Syaifullah dengan tuntutan pidana 5 bulan penjara dengan denda Rp. 10 juta, Subsider 2 bulan kurungan.

Sidang kasus ancaman dengan terdakwa Sekda non aktif Bondowoso, Saifullah, memang berbeda dengan sidang kasus pidana pada umumnya. Pembacaan tuntutan 5 bulan penjaran oleh JPU menarik perhatian publik. Dibanding dengan kasus UU ITE sebelumnya yang menimpa oknum ASN, terdakwa Alex Sony dituntut penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan, serta pidana denda sebesar Rp. 10.000.000,- subsidiair 6 (enam) bulan kurungan.

Sempat terjadi insiden kecil sebelum persidangan, saat wartawan Teropong Timur meliput terdakwa, saat tiba di PN Bondowoso. Terdakwa menolak untuk diliput media.
Ketua Umum LSM Teropong sekaligus Pimpinan Redaksi Media Teropong Timur cetak dan online, H. Nawiryanto Winarno, menyesalkan sikap terdakwa Saifullah yang menolak untuk diliput wartawan. "Ini kan kasusnya pidana umum, semua orang bisa menyaksikan sidang yang terbuka untuk umum. Dan kami wartawan yang disana merasa tidak mengganggu dan menghambat sidang, ada kode etik wartawan, apalagi majelis hakim tidak keberatan dengan keberadaan wartawan".

Sebagai Wartawan, kata Nawiryanto, kami bekerja dilindungi oleh UU Pers dalam melaksanakan tugas jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis uraian yang tersedia.
“Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan teropong juga dibekali ID Card serta seragam media Teropong Timur sebagai identitas diri wartawan”, kata Nawiryanto yang juga Direktur Utama PT. Teropong Post Jaya.

Jika memang Terdakwa Saifullah, tidak berkenan dengan hasil liputan wartawan media teropong, dapat mempergunakan hak jawab dan hak koreksi. Dan kami akan memberikan Hak jawab atau hak koreksi kepada nara sumber yang keberatan dalam pemberitaan, atau ada kekeliruan pemberitaan, tetapi jangan melarang wartawan melaksanakan tugas jurnalistik, pungkas nawiryanto. (*)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts