SIDANG PEMBELAAN TERDAKWA KASUS ANCAMAN KEKERASAN
Saifullah : Satu Tahun Saya Memimpin Bondowoso

BONDOWOSO – teropongtimur.co.id
– Sidang ancaman kekerasan dengan terdakwa Sekda non aktif Bondowoso, Saifullah, SE. M.Si., memasuki tahapan pembacaan pledoi atau pembelaan. Sidang digelar secara daring (on line) di gedung lantai 2 Pengadilan Negeri Bondowoso, sidang dimulai pukul 12.00. Wib, Rabo, (18/11/2020).

Sebelum penasehat hukum terdakwa Husnus Sidqi, SH., MH. dan Hariyanto, SH., MH., membacakan pembelaan (pledoi), Husnus memohon kepada Majelis Hakim untuk memberikan waktu kepada Saifullah menyampaikan ulasan (pledoi secara pribadi) yang dibacakan sendiri oleh terdakwa, dan Majelis hakim mempersilahkan terdakwa Syaifullah untuk menyampaikan ulasannya di persidangan.

Berikut ulasan atau pledoi secara pribadi, yang dibacakan sendiri oleh terdakwa Saifullah, SE, M.Si di persidangan :

Assalamualaikum wr. Wb.

Yang saya hormati dan saya muliakan Ketua majelis hakim beserta seluruh anggota, jaksa penuntut umum dan seluruh hadirin yang saya hormati, serta penasehat hukum saya yang saya banggakan.

Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada majelis hakim yang telah memimpin persidangan ini, sehingga paling tidak bagi kami dan seluruh masyarakat bisa membuka tabir rahasia apa yang sesungguhnya terjadi dalam persidangan ini.

Ucapan terima kasih, tokoh-tokoh kyai, alim ulama, pondok pesantren, majelis pengajian serta seluruh elemen masyarakat yang selalu bersimpati dan tidak pernah lelah setiap malam mendoakan saya (Syaifullah).

Kepada seluruh ASN yang selalu mendukung dan mendoakan kami, mulai dari eselon 2 sampai staf, tidak henti-hentinya mendukung dan mendoakan saya, bahkan ada yang tidak segan memberikan dukungan dana dalam acara doa bersama.

Dari semua saksi, mulai dari Ghozal, Apil, Sules, Sinol, Zen bahkan saksi Alun sendiri, tidak ada yang mengatakan bahwa saya datang dengan tangan mengepal dan marah-marah kepada Sdr. Alun.

Bahkan saksi Sinol menyatakan bahwa Syaifullah datang tidak marah-marah melainkan untuk menyelesaikan semua persoalan dan menanyakan mengapa sampai terlambat seperti ini.

Saksi sinol juga menyatakan seandainya ada rekayasa dalam pernyataannya, semoga Tuhan tidak memberikannya kesempatan untuk masuk surga.

Kami bersyukur bahwa kasus ini bisa disidang dengan terbuka, sehingga masyarakat bisa melihat dari awal, sudah kelihatan nuansa politiknya sehingga fakta-fakta dan pasal yang diajukan sangat lemah.

Ijinkan kami menyampaikan, satu tahun saya memimpin Bondowoso, untuk menilai apakah ada karakter saya marah-marah di Kabupaten Bondowoso.
  1. 1. 3 kali mutasi sebanyak 160 pejabat, bersih tanpa ada pungutan sepeserpun, dan ini sejarah baru bagi Bondowoso. Saya ingin menyampaikan apakah utasi ini bersih atau tidak, hanya masyarakat yang bisa menilai. 
  2. Sebuah sejarah baru bagi kami, meluluskan 287, saya ulangi 287 ASN yang mengikuti ujian penyesuaian ijasah, tanpa ada pungutan sepeserpun. Saya sampaikan, masyarakat mungkin ingin tahu berapa pungutan untuk ini pada tahun-tahun yang lalu.
  3. Mendorong terciptanya pelayanan yang maksimal kepada masyarakat baik kesehatan, perijinan dan sebagainya, dan ini yang langsung dirasakan oleh masyarakat.
  4. Melakukan perombakan pola fikir seluruh ASN sampai kepada Kepala Desa, dari orientasi dunia ke orientasi akhirat, dari orientasi melayani ke orientasi mengabdi, ke orientasi prestasi, sehingga selama satu tahun banyak perubahan bagi Kabupaten Bondowoso.
  5. Mohon ijin kami sampaikan, kepada majelis hakim termasuk seluruh hadirin sidang, ketika kami masuk pada Juli 2019, SHU PDAM hanya berkisar 175 juta. Begitu kami lakukan perombakan-perombakan, kami lakukan dengan sebijak-bijaknya, hanya dalam sekian bulan saja SHU PDAM sudah mencapai 1,4 milyar. Bisa dibayangkan berapa kali lipat perubahan yang terjadi pada PDAM.
Inilah ynag dapat kami sampaikan, walaupun kami tidak sampai menyampaikan apa yang dirasakan masyarakat, lewat wa, pertemuan-pertemuan dengan kami, terjadinya perombakan-perombakan besar, pelayanan-pelayanan yang baik kepada masyarakat, dan itu sudah dirasakan.

Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini ijinkan kami mengakhiri pledoi kami secara pribadi, mohon maaf kepada seluruh masyarakat Bondowoso, kepada majelis hakim dan anggota, kepada Jaksa Penuntut Umum, ijinkan kami yang lemah ini mohon maaf atas segala kekurangan, tingkah laku, kata-kata yang kurang berkenan selama ini. Terima kasih kami sampaikan, semoga Tuhan yang maha kuasa membuka hati nurani kita untuk menunjukkan yang benar itu benar, yang salah itu salah.

Oleh karena itu kami meminta dengan segala kerendahan hati agar kami bisa dibebaskan dari segala tuntutan

Saya ingin sampaikan kepada semua yang hadir, seluruh masyarakat yang menyaksikan di rumah-rumah, saya ingin sampaikan hidup ini sangat singkat, dan semua akan kembali kepada Allah, Tuhan yang maha kuasa, dan semua akan dimintai pertanggungjawaban. Dan yang terpenting, hati-hati, kalaupun kita tidak menerima karma dan adzab atas semua yang kita berbuat selama ini, saya yakin anak cucu kita akan merasakan amal perbuatan kita sebagai orang tua.

Kepada seluruh hadirin yang hadir saya sampaikan terima kasih. Dan perlu kami sampaikan kepada majelis hakim yang terhormat, bahwa kami tidak pernah mengundang siapapun untuk hadir di tempat ini. Saya dan pengacara sudah merasa terhormat bisa hadir di tempat ini. Jadi jika ada yang hadir memberikan pembelaan, dorongan moral, itu datang dari lubuk hati mereka yang paling dalam.

Kepada seluruh pengacara saya, saya sampaikan terima kasih atas kekuatannya, kemampuannya mendampingi saya sampai berakhirnya acara ini.
Setelah pembacaan ulasan oleh Terdakwa Saifullah, sidang dilanjutkan pembacaan pembelaan oleh pengacara terdakwa Husnus Sidqi, SH., MH. dan Hariyanto, SH., MH. Sidang selanjutnya akan digelar pada Rabu tanggal 25 November 2020 dengan agenda tanggapan Penuntut Umum atas pledoi terdakwa. (*)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts