Kepala Bappeda : Mungkin Nanti Bukan Bondowoso Bersedekah, Tetapi Sedekah Untuk Baznas


BONDOWOSO,www.teropongtimur.co.id.

Kemiskinan masih menjadi masalah besar di Kabupaten Bondowoso saat ini, sampai muncul ide Program Pemerintah Bondowoso Bersedekah, dengan menempatkan “Kotak Amal” di seluruh Kantor OPD sampai Desa, untuk menggalang dana masyarakat. 

Walau pemerintah saat berkampanye menjanjikan mandiri ekonomi rakyat karena berlimpahnya kekayaan alam, ternyata visi misi pemerintah menjanjikan mandiri ekonomi rakyat tidak berbanding lurus dengan penanggulangan persoalan kemiskinan. Apalagi angka kemiskinan saat ini sangat rentan, akibat pandemi Covid-19 yang melanda dalam 1 tahun terakhir. 

Rapat Kerja Komisi III DPRD Kabupaten Bondowoso dengan Kepala Bappeda, Hj. Farida terkait polemik Program Gerakan Tanggap dan Peduli Rakyat Miskin (Tape Manis), yang direalisasikan dengan menempatkan “Kotak Amal” untuk mencari sumber dana dari bantuan masyarakat, dilaksananakan di gedung DPRD Bondowoso, Senin 11/01/2021.
Ketua Komisi III, Sutriono ditemui media di Kantor DPRD Bondowoso usai rapat kerja dengan Bappeda, mengatakan, kami menggaris bawahi, bahwa Bondowoso Bersedekah adalah program inovasi daerah. Yang di launching 2018. “Tentunya kami dari Komisi III sangat mendukung program baru pemerintah dalam percepatan penanggulangan kemiskinan, yang sebenarnya muaranya adalah kesemrawutan data base kemiskinan”. 

“Dasar konsideran hukum Perbub 42A Gerakan Tape Manis, pemkab Bondowoso tidak mencantumkan Permensos sebagai petunjuk pelaksanaannya. Jika ditanya benar atau salah, pelaksanaan program “Kotak Amal”, jelas salah, hanya tadi Bu. Farida (Kepala Bappeda) tidak bilang secara langsung, tetapi dengan bilang Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang akan mengumpulkan dan melaksanakan, itu sudah jelas (salah)”. 

“Program apapun yang dilakukan pemerintah, adalah madat Bupati kepada OPD terkait, jika tupoksinya dekat dengan kemiskinan atau kesejahteraan sosial, seharusnya mandat di Dinas Sosial. Karena dari awal proses inisiasi program dari Bappeda, kami tetap apresiasi. Persoalan hari ini sudah siap, program ini nanti pindah ke Dinas Sosial, dan mulai PAK 2021, operasional Program ini dari Dinas Sosial”, kata Sutriono. 

Kepala Bappeda Bondowoso, Hj. Farida, menyatakan bahwa semua sudah dijelaskan kepada Komisi III secara lengkap, terkait tujuan dan ending dari program ini adalah ingin menanggulangi program kemiskinan, tetapi yang paling dekat menerima pengaduan manyarakat miskin yang tidak tersentuh oleh program pemerintah, itu bingung mengadu kemana. 

“Uang yang terkumpul sekitar 32 juta masih utuh, belum bisa dikeluarkan karena mekanisme pengelolaan pengeluarannya masih dalam proses. Kotak amal mungkin nanti namanya bukan Bondowoso Bersedekah, tetapi mungkin namanya Sedekah Untuk Baznas, tidak masalah, yang terpenting masyarakat miskin yang tidak tersentuh (APBD) dan mengadukan permasalahannya dapat terbantukan dengan baik. 
Ketua LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno, turut serta memberikan pendapat atas polemik Kotak Amal Bondowoso Bersedekah. “Kami dari awal sudah mengingatkan pemerintah, untuk tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan program kotak amal, tetapi selesaikan dulu mekanisme anggaran sesuai ketentuan perundangan atau menyerahkan kepada pihak lembaga lain yang lebih berkempoten seperti baznas”. 

Pemerintah dalam hal ini, lanjut Nawiryanto, harus menggunakan pendekatan penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat miskin. “Akar permasalahan kemiskinan yang sebenarnya adalah data base kemiskinan. Jadi jangan dulu bicara mandiri ekonomi masyarakat Bondowoso, tetapi wujudkan dulu kemandirian masyarakat miskin dalam menyelesaikan persoalan kehidupannya. Selama ini, seringkali dalam berbagai program pemerintah, menempatkan masyarakat sebagai “objek”. 

“Jangan berjanji jika tidak dapat memenuhi.”, pungkas Nawiryanto. 

(Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts