Ketua LSM Teropong : Wakil Bupati Wajib Menjelaskan Sendiri Polemik “Kotak Amal”


BONDOWOSO,www.teropongtimur.co.id. 

Peluncuran program gerakan “Kotak Amal” TAPE MANIS BONDOWOSO, oleh Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat, S.E., M.Si sekaligus sebagai Ketua Tim Koordinasi Penangulangan Kemiskinan (TKPK) Bondowoso, mendapatkan kritik dari masyarakat, akademisi, LSM/Pers, Praktisi Hukum sampai dengan DPRD Kabupaten Bondowoso. 

Ketua LSM Teropong sekaligus Ketua Partai Hanura Bondowoso, H. Nawiryanto Winarno, sebagai pihak pendukung pemerintah turut prihatin atas program pemerintah daerah yang dinilai tidak sesuai dengan ketentuan perundangan sekaligus memalukan. “Saya sangat sependapat dengan Praktisi hukum Sido Gatot. Seharusnya pemerintah wajib tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tanpa melalui mekanisme anggaran dan tata kelola keuangan daerah akan rawan adanya penyalahgunaan apalagi ada unsur kesengajaan, maka mereka akan menghadapi persoalan hukum dan gugatan pidana maupun perdata”. 

Ketentuan Pasal 8 PP No 16 Tahun 2015 dan Pasal 25 Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 tahun 2017, mengamanahkan Seluruh hasil pengumpulan sumbangan masyarakat yang diterima Bupati/walikota dikelola sesuai dengan mekanisme anggaran pendapatan dan belanja negara atau anggaran pendapatan dan belanja daerah, jelas Nawiryanto. 

“Apalagi kewenangan Wakil Bupati Bondowoso dalam program “Kotak Amal” harus jelas, secara pendelegasian dan/atau secara mandat dari Bupati KH. Salwa Arifin. Jangan terkesan Wakil Bupati melampaui kewenangan Bupati”. 

“Analisa Praktisi Hukum, Sido Gatot jelas, bahwa pelimpahan kewenangan kepada badan dan/atau pejabat pemerintahan di atur dalam UU No 30 Tahun 2014 tentang Adminstrasi Pemerintah, Pasal 1 angka 24, Pasal 14 ayat (1),dan Pasal 14 ayat (7). Serta ditetapkan dalam peraturan peraturan daerah, serta sifat wewenangnya telah ada sebelumnya”. 

Berdasarkan ketentuan Pasal 11 ayat (2) PP No 16 Tahun 2015, Bupati dapat mendelegasikan kewenangannya kepada kepala satuan kerja perangkat daerah yang menangani urusan sosial di kabupaten/kota. “Delegasi tersebut jelas kepada SKPD bukan kepada Wakil Bupati “ kata Nawiryanto. 

Nawiryanto berharap Wakil Bupati Bundowoso H. Irwan Bahtiar Rahmat, S.E., M.Si segera tampil dan menjelaskan sendiri kepada masyarakat Bondowoso, agar tidak terjadi polemik berkepanjangan, dan tidak terjadi argumentasi liar tanpa arah dan menemukan solusi yang baik dan tepat. 

Hal-hal yang perlu dijelaskan oleh Wakil Bupati, lanjut Nawiryanto, adalah dasar kewenangannya dalam program “Kotak Amal” Bondowoso Bersedekah, dasar hukum pengumpulan sumbangan, mekanisme anggaran, serta mekanisme hukum dalam distribusi bantuan kepada masyarakat. “Saya sudah bertemu langsung dengan Pj Sekda, Soekaryo. Beliau masih bingung dan tidak berani mendistribusikan sumbangan masyarakat, karena belum ada mekanisme yang jelas”. 

“Jika dasar regulasi “Kotak Amal” melalui mekanisme anggaran tidak segera dilaksanakan oleh Pemerintah bersama DPRD, mending hentikan saja meminta sumbangan kepada ASN dan masyarakat. Buat apa ASN dan masyarakat menyumbang, jika pada akhirnya sumbangan tersebut tidak dapat didistribusikan kepada masyarakat? Bisa jadi uang sumbangan tersebut akan rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang berdampak pada proses hukum pidana maupun perdata dikemudian hari ” tutup Nawiryanto. 

 (Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts