Pj Sekda Adakan Press Release Kotak Amal Bondowoso Bersedekah


Bondowoso, teropongtimur.co.id

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Soekaryo, SH, MM mengadakan press release menjawab polemik kotak amal dalam program Bondowoso Bersedekah yang beberapa hari ini, menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, Selasa 05/01/2021.

Dalam press release dan penjelasannya kepada awak media Teropong Timur, Pj Sekda Soekaryo dinilai tidak konsekwen dan saling bertentangan dengan pernyataannya sendiri, terkait kotak amal Bondowoso Bersedekah.

Soekaryo menyatakan bahwa kotak amal Bondowoso Bersedekah sudah sesuai dengan peraturan perundangan, “Kebijakan kotak amal Bondowoso Bersedekah sudah mengacu pada UU 13 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, PP 16 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengumpulan dan Penggunaan Sumbangan Masyarakat Bagi Penanganan Fakir Miskin mencakup pengaturan mengenai pengumpulan sumbangan masyarakat, penggunaan sumbangan masyarakat, pertanggungjawaban, pelaporan, pembinaan dan pengawasan, dan sanksi administrasif. Permensos No. 15 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengumpulan dan Penggunaan Sumbangan Masyarakat bagi Penanganan Fakir Miskin. Dan Perbup 42A Tahun 2019 tentang Tentang Gerakan dan Tanggap Peduli Masyarakat Miskin Kabupaten Bondowoso.

Soekaryo juga membantah jika kotak amal Bondowoso bersedekah adalah pungli, “Kotak amal bukan pungli, semua sudah sesuai peraturan. Yang dikatakan pungli itu, dengan paksaan atau memperkaya diri, sedang kotak amal ini suka rela, tidak ada unsur paksaan dan tidak ada unsur memperkaya diri”.
Tetapi saat awak media menanyakan kepada Soekaryo, apakah kotak amal Bondowoso Bersedekah sudah melalui mekanisme pembahasan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku?, Soekaryo sempat terdiam sejenak, lalu menjawab, “Sampai dengan hari ini, pengumpulan sumbangan dari kotak amal Bondowoso Bersedekah kira-kira mencapai 32 juta sekian, tetapi kami tidak berani mendistribusikan sumbangan tersebut kepada masyarakat, karena masih menunggu mekanismenya”.

Ketua LSM Teropong, H. Nawiryanto Winarno menyatakan kekecewaannya. Menurutnya Pj Sekda Soekaryo tidak konsekwen terkait kotak amal Bondowoso Bersedekah. “Menurut Pj Sekda sudah sesuai aturan yang berlaku, tetapi mengapa tidak berani mendistribusikan sumbangan tersebut dengan alasan masih menunggu mekanisme anggaran”. 
“Pj Sekda Soekaryo juga menolak, kotak amal Bondowoso Bersedekah di anggap pungli, tetapi saat ditanyakan status legalitas dana sumbangan tersebut, tidak bisa menjawab. Dan hanya menyatakan, akan segera melaksanakan rapat untuk membahas kotak amal Bondowoso Besedekah”.

“Sebagai usulan saya kepada Pj Sekda Soekaryo, atas nama Partai Pendukung, Ketua LSM dan Pimpinan Redaksi Media Teropong Timur, mohon kepada Pj Sekda untuk menghentikan “Kotak Amal” Bondowoso Bersedelah. Ini tidak sesuai dengan visi misi Bondowoso Mandiri Ekonomi Masyarakat dalam janji kampanye, lalu realisasi programnya “Kotak Amal”. Ini sangat memalukan dan tolong gunakan program dengan bahasa lain yang sifatnya tidak meminta belas kasihan, tetapi berupa inovasi program yang dapat meingingkatkan pendapatan daerah”, pungkas Nawiryanto. (Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts