Rakor Tindak Lanjut Surat Edaran Terkait Psbb Dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

 Senin (11/01/2021)
Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Eko Yuli Purwanto laksanakan kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor) tindak lanjut Surat Edaran Satgas terkait PSBB dan persiapan pembelajaran tatap muka oleh Forkopimda dan pembahasan draf Surat Edaran Satgas terkait PSBB dan persiapan pembelajaran tatap muka dipimpin oleh Bpk Sekda Kabupaten Banyuwangi, Ir. Harga. Mujiono Msi

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Ir, H. MUJIONO, MSI., Dandim 0825/ Banyuwangi, Letkol Inf YULI EKO PURWANTO,S.I.P.,  Hanya Danlanal Banyuwangi,  Letkol Laut (P) JOKO SETIYONO SH. M.Tr., Kabag OPS Polresta Banyuwangi, Kompol AGUNG SETYA BUDI., Kajari Banyuwangi, ANDRI, SH MH., Asisten Administrasi Pemerintahan, SIH WAHYUDI, MM., Plt Kadispenum, SURATNO, Mpd., Kadis Kominfo Kabupaten Banyuwangi, BUDIYANTO SH Msi., Kadiskes Banyuwangi, dr. WIDJI LESTARIO., Kepala UPT Cabdin Pendidikan Jatim, ESTU HANDONO., Plt Ka BPBD Kabupaten Banyuwangi, ABDUL KADIR., Kadis Koperasi Mikro dan Perdagangan, Hj. NANIN OKTAVIATIE., Sekretaris Dispar Kabupaten Banyuwangi, KHOIRUL RIDHO dan Kemenag Kabupaten Banyuwangi Ibu SUCI

Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covig-19 Kabupaten Banyuwangi tentang pengendalian kegiatan masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19 yaitu Seluruh destinasi wisata beroperasi pukul 09.00 - 15.00 Wib kecuali kawah Ijen 01.00 - 08.00 WiIB dengan pembatasan pengunjung 50 persen dari kapasitas tempat wisata. Seluruh cafe, lestoran, rumah makan, warung, lesehan, pasar wisata, kuliner dan tempat tempat kuliner lainnya beroperasi pukul 07.00 - 19.00 Wib dengan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas khusus yang berada di destinasi wisata mengikuti ketentuan nomer

Karaoke dan tempat hiburan beroperasi pukul 10.00 - 19.00 Wib dengan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan. Taman Blambangan, sritanjung, kuliner pinter, kegiatan di RTH pada semua kecamatan beroperasi pukul 10.00 - 19.00 Wib. Membatasi kegiatan masyarakat yang bersifat keagamaan, keramaian dan perayaan sesuai dengan peraturan Bupati Banyuwangi no 51 tahun 2020.

Seluruh pusat perbelanjaan supermarket hipermarket swalayan departemen store mall beroperasi pukul 10.00 - 18.00. Toko toko modern minimarket tradisional untuk jam operasional mulai pukul 10.00 - 18.00. Seluruh hotel, pondok wisata home stay, resort, guest house dan jenis penginapan lainnya mewajibkan pengunjung melampirkan hasil negatif Rapid Test antigen /swab PCR.

Penyelenggara pembelajaran tatsp muka pada satuan pendidikan diatur tersendiri. Pelanggaran terhadap ketentuan diatas diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Surat edaran berlaku efektif mulai tanggal 13 Januari 2021 dan akan dievakuasi lebih lanjut sesuai dengan situasi dan kondisi.

Plt Kadispendik Kabupaten Banyuwangi, SURATNO, Mpd. menyampaikan,"Kesiapan pendidikan tatap muka mengacu pada SKB 4 menteri , dampak pembelajaran tanpa tatap muka dampaknya sangat besar, banyak ancaman anak putus sekolah, ada kendala tumbuh kembang, dan rendahnya daya tangkap ,munculnya anak anak berdampak sosial stres. Inti SKB 4 menteri ada 4 syarat sistem meliputi zonasi dihilangkan.

Bupati mengizikan tatap muka, kesiapan sekolah dalam menyiapkan tatap muka sesuai protokol kesehatan dan harus ada izin dari orang tua dan sekolah kordinasi dengan komite sekolah. Target tanggal 11 Januari 2021 bisa pembelajaran tatap muka tapi tidak bisa dilaksanakan. Melibatkan satgas Covid-19 Kecamatan untuk melakukan verifikasi disekolah persiapan pembelajaran tatap muka apakah sudah memenuhi prokes. Jam pelajaran maksimal 4 jam tanpa ada istirahat dan tidak ada pelajaran praktek, olahraga dan ada SOP yang ditentukan untuk pembelajaran.

Kepala UPT Cabdin Pendidikan Jatim, ESTU HANDONO menyampaikan,"Untuk kelas 12 kita datangkan untuk mengisi form setiap siswa 100 orang, input nilai sendiri untuk masuk perguruan tinggi. Sejak 4 Januari 2021 kami meminta sekolah dan gugus sekolah untuk mengundang mengetahui kesiapan sekolah, dan sekolah sudah melakukan rapit test terhadap guru dan ditunjukkan kepada wali murid. Kami sudah melaksanakan ketentuan protokol kesehatan sesuai petunjuk dinas pendidikan propinsi. Membuat mekanisme aturan proses menjemput dan mengantar siswa karena dilarang menggunakan transportasi umum. Setelah dilaksanakan verifikasi oleh gugus tugas satgas Covid baru akan dilaksanakan simulasi pertemuan tatap muka terhadap murid.

Juga disampaikan oleh  Kemenag Kabupaten Banyuwangi Ibu SUCI, "Kami sudah siap terkait rencana pendidikan tatap muka di sekolah, untuk madrasah madrasah sudah dilaksanakan verifikasi bersama satgas Covid Kecamatan sekolah sudah sesuai prokes, sewaktu waktu bila sudah ada SE kita sudah siap. Kemenag mengingatkan kembali untuk membuat surat edaran bersama MUI terkait protokol kesehatan penyelenggaraan kegiatan keagamaan karena sudah mulai ada keteledoran.

Kegiatan rakor tindak lanjut surat edaran Satgas terkait PSBB dan persiapan pembelajaran tatap muka oleh Forkopimda selesai dengan tertib dan aman.

Direlis: Rozi pendim0825/ BWI
Editing: Buang A 
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts