Visi Misi Daerah “MELESET” Tapi Sok Dermawan

Bondowoso, www.teropongtimur.co.id.

OPINI - BAZNAS Kabupaten Bondowoso merupakan lembaga yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengelola zakat yang ada di Kabupaten Bondowoso. Pengelolaan zakat disesuaikan dengan Undang-undang yang berlaku, yakni Undang-undang No. 23 tahun 2011. Pengelolaan Zakat di Kabupaten Bondowoso sendiri telah dimulai sejak tahun 2010, berdasarkan pada Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 09 Tahun 2010 dibawah pengelolaan pemerintah daerah. Keberadaan BAZNAS Kabupaten Bondowoso juga mendukung program-program pemerintah Bondowoso dalam mewujudkan “Bondowoso Melesat”.

Viral pemberitaan di Bondowoso dengan judul, “Bantu Warga Miskin, Pemerintah Daerah Pasang Kotak Bondowoso Bersedekah” menjadi perbincangan publik.

Sebagian besar rakyat, kebijakan Bondowoso bersedekah adalah bentuk kamuflase saja. Berapa uang sedekah yang akan didapat, apalagi gerakan tersebut tidak ada regulasi yang memayungi bisa saja disebut "pungli berkedok" sedekah. Kita semua tahu, visi dan misi pemerintah saat ini “MELESET”, sangat disayangkan jika masih sok jadi “DERMAWAN”.

Fenomena seperti ini tentu memprihatinkan, lucu dan agak janggal karena pemerintah berkamuflase mengatasnamakan rakyat miskin, mengajak rakyat mendermakan uang yang mereka miliki untuk pemerintah. Seharusnya sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membantu rakyat miskin sesuai amanat UUD 45 Pasal 33 khususnya pasal 2 dan 3 yang tertulis “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. 



Tak habis pikir apabila menggunakan logika sederhana tanpa perhitungan menjlimet entah seberapa banyak duit rakyat terkumpul. Coba kalau mau niat, pimpinan daerah dan seluruh pejabat meniadakan fee proyek. Jika rata-rata fee proyek 10-20% dari 500 milyar belanja langsung. Sudah ada dana 50-100 milyar uang pertahun yang selama ini, hanya dinikmati beberapa gelintir orang lingkaran kekuasaan saja. Belum lagi, pimpinan yang hobi “peras” OPD dengan dalih sumbangan ini itu (nggak jelas), dana perjuangan, dan sumbangan lain-lain yang mengakibatkan OPD harus putar otak ngakali anggaran untuk memenuhi permintaan mendadak dari pimpinan.

Jadi pada posisi rakyat berderma atau menyumbang uang melalui kotak amal yang terdapat di setiap Kantor Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan anggaran pemerintah. Sederhananya Rakyat disuruh “menyuapi” Pemerintah, logika yang sudah terbalik.

Pikiran menyeleneh atau dalam kebijakan pemerintah yang dikemas dalam “Surat Edaran Bupati” sebagai bagian tak terpisahkan dari program “meleset” dan jauh dari visi misi dan janji-janji kampaye pimpinan daerah.

Kotak amal bertuliskan Bondowoso bersedekah yang nampak disetiap sudut kantor organisasi Pimpinan Daerah di Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Anehnya lagi, menurut Wakil Bupati Bondowoso, Drs, H. Irwan Bahtiar Rahmat, mengatakan bahwa, “kotak Bondowoso bersedekah itu untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dimasyarakat melalui tape manis, lantaran banyak masyarakat miskin di Bondowoso terkait kesehatan dan pendidikan masih belum terkapar oleh pemerintah”.

Seakan Pemerintah sudah kehilangan ide dan inovasi dalam mengelola anggaran, tidak mampu untuk memimpin, atau dalam pertandingan tinju pemerintah telah “lempar handuk” menggunakan “jalan pintas” buka kotak amal.



Pernyataan Wakil Bupati bahwa, “Bondowoso bersedekah itu sebetulnya untuk memecahkan permasalahan yang selama ini terjadi, banyak warga masyarakat miskin di Bondowoso yang ada permasalahan terkait kesehatan dan pendidikan sedangkan anggaran dana terbatas, kalau menunggu anggaran, kita tidak bisa memberikan pertolongan, sehingga ada inisiatif Bondowoso bersedekah”.

Pernyataan tersebut, mengesampingkan program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui optimalisasi anggaran daerah yang disusun bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sedang dalam pembahasan anggaran, pemerintah bersama dengan DPRD telah menganggarkan secara skala prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ketua Partai Hanura Kabupaten Bondowoso sebagai salah satu partai pendukung pemerintah, H. Nawiryanto Winarno, SE., sangat menyayangkan langkah pemerintah membuat kebijakan “Kotak Amal” Bondowoso bersedekah. “Apapun yang dilakukan pemerintah daerah tidak ada masalah sepanjang kebijakan dan keputusan dari Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang memang dilakukan dengan benar.

"Apa tidak ada jalan lain untuk melakukan dengan kotak amal, yang mana sekarang Bupati Bondowoso selalu mendapat apresiasi penghargaan dari gubernur Jawa timur atas kesoksesan dalam keberhasilan mengentaskan desa tertinggal, dan apakah upaya yang dilakukan tidak mencerminkan ketidak mampuan pemerintah Kabupaten Bondowoso”, jelas H. Nawiryanto

Menurut H. Nawiryanto, sedekah itu tidak harus di mintakan kepada siapapun apalagi mengatasnamakan pemerintah daerah Bondowoso bersedekah, sedangkan anggaran dana dari pemerintah pusat selalu terus bergulir ini membuat malu, ini terkesan menunjukkan ketidak mampuan pemerintah Bondowoso sampai harus mengatasnamakan Bondowoso bersedekah, mungkin lebih baik terus terang saja, atau jangan-jangan upaya dilakukan ini untuk kepentingan tertentu, "jelasnya 

Pimpinan ingin terlihat baik, bersih, dermawan, peduli masyarakat dan lain-lain, tetapi saya melihat (maaf), "SEPERTI MANDI ATAU MENCUCI DENGAN AIR KENCING”.


Penulis :   H. NAWIRYANTO WINARNO SE.
              
Direktur PT. Teropong Post Jaya, Pimred Media Cetak & Online,
               Ketua Umum LSM Teropong

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts