SMK Negeri 1 Bondowoso Patuh Prokes, Terapkan Perilaku Pada 3M,



Bondowoso,www.teropongtimur.co.id.

Salah satu pasilitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bondowoso dengan mengikuti protokol kesehatan untuk dimulainya bertatap muka, tempat yang terlihat sangat menarik untuk di simak dan bisa juga di buat sebagai contoh bagi semua lembaga Pendidikan, Khususnya yang ada di Kabupaten Bondowoso. Pasalnya, di Era masa pandemi covid-19 yang membawa efek cukup serius pada proses pelaksanaan pendidikan bagi anak-anak belajar atau generasi muda Indonesia

Sejak memasuki pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran pada proses pendidikan formal, hingga kini masih menghadapi tantangan besar. Tidak hanya peserta didik yang harus beradaptasi, tetapi juga pengajar, dan khususnya orang tua wali murid, Alhasil, proses pembelajaran masih jauh dari kata efektif.
Dari perspektif orang tua, evaluasi terhadap komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah tentang kampanye penerapan protokol kesehatan 3M sudah sangat baik, Alasannya, karena di lingkungan sekolah, penerapan 3M diterapkan dengan sangat ketat, Sedangkan dari kacamata pekerja media, kampanye oleh pemerintah di dunia pendidikan, masih jauh dari efektif. Sebab, karakter peserta didik dan pengajar berbeda-beda. Misalnya, dari aspek jenjang pendidikan dan sosial ekonomi yang beragam dari peserta didik membuat pesan kampanye 3M tidak seluruhnya dapat diterima dengan baik.

foto Tempat Cuci Tangan bagi para siswa di depan Pintu Gerbang Sekolah

Demikian pula dari perspektif pengamat pendidikan yang menyimpulkan kampanye protokol kesehatan 3M belum cukup efektif, karena belum mampu mengubah perilaku, dari pengajar hingga peserta didik. Dari kalangan pengajar masih banyak yang belum memahami arti pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M. Akibatnya, peserta didik juga cenderung abai menerapkan protokol kesehatan.

Akan tetapi kalau kita melihat di SMK Negri 1 Bondowoso, perspektif tenaga pengajar, sosialisasi dan kampanye penerapan protokol kesehatan 3M dari pemerintah sudah sangat baik, dalam penerapan protokol kesehatan di SMK Negeri 1 Bondowoso tersebut sangat mengacu pada Peraturan, Salah satunya, dengan mendorong pembelajaran secara dalam jaringan (daring) alias online sebagian, dan sebagian lagi dengan pembelajaran Tatap muka, Di dalam Lingkungan sekolah itu sendiri, protokol kesehatan 3M juga dilaksanakan dengan sangat ketat dan cukup baik.

Kegiatan-kegiatan Sekolah wajib menggunakan masker, mengecek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun atau disinfektan, dan menjaga jarak.
Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang membuka pembelajaran tatap muka di zona hijau dan kuning benar-benar di laksanakan sesuai dengan Prokes dan di laksanakan oleh SMK Negeri 1 tersebut, dalam hal pengawasan atau monitoring pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah di awali dengan terbentuknya Tim Satgas Covid – 19 di lingkungan Sekolah dan sejauh ini monitoring yang dilakukan sudah sangat optimal, tidak ditemukan kasus penularan COVID-19 di lingkungan sekolah, kebijakan pembelajaran tatap muka tetap didasarkan pada alasan kesehatan. Artinya, pihak Sekolah memberikan peluang kepada para wali murid apabila putra putrinya belum mampu dan siap untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat dan apabila dari pihak Wali Murid merasa khawatir untuk pembelajaran tatap muka, maka di beri kesempatan untuk membuat surat pernyataan dengan sistim pembelajaran Daring saja, hal ini menurut keterangan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bondowoso saat di konfirmasi di kantornya.
Sementara menurut keterangan Tim Satgas Covid SMK Negeri 1 yang telah di tunjuk oleh KS Menjelaskan bahwa Yang mengajukan untuk pembelajaran Sistim Daring saja hanya 4 orang siswa dari jumlah murid keseluruhan 1400an Siswa, Oleh karena itu, efektivitas pembelajaran tatap muka secara fisik dan sistim Daring di SMK 1 benar-benar telah di laksanakan secara prosedural dan sesuai kesepakatan bersama.
(Erna)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts