Janggal, Dengan Alasan SPJ Salah Ketik, Proyek Yang Diduga Fiktif Didesa Errabu Terus Bergulir



Sumenep,www.teropongtimur.co.id.

Dugaan penyimpangan Dana Desa (DD) didesa Errabu, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura Jawa Timur, Pekerjaan yang diduga fiktif terus bergulir. Bahkan pihak pelapor menyampaikan kurang rasional kalau pihak Desa memberikan pernyataan salah ketik.

Menurut MASKUR salah seorang pelapor mengatakan, alasan salah cetak dalam APBDes 2018 sangat tidak masuk akal, karena hal tersebut merupakan laporan resmi yang harus di pertanggungjawabkan.

"Itu laporan resmi, dan tertulis di SPJ, alasan salah cetak kenapa baru diungkap sekarang, ini tidak main-main, itu resmi loh, "ungkap Maskur saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Prihal permintaan Inspektorat Sumenep kepada pelapor,Yang mana pelapor harus menyampaikan secara formal kepada Bupati untuk bisa melakukan langkah Penyelidikan, tidak menyurutkan langkah dia dan rekan-rekannya melanjutkan temuannya.

"Kami kan diminta laporan secara langsung ke Bupati, dan insyaallah dalam waktu dekat akan kami laporkan. Bahkan masih kami kaji juga, jika perlu akan kami laporkan ke Polres dan Kejaksaan, " tegas Maskur.

"Kami serius mengawal Kasus ini, mengenai bagaimana perkembangannya pasti kami sampaikan ke publik, "ujarnya.

Sebelumnya Kepala Desa Errabu HAFIDATIN menyebut, kalau perihal Anggaran pembelian tanah yang ada di APBDes tahun 2018, itu salah cetak, ungkap Kades yang biasa di panggil TIN ini. " Itu yang Bumdes salah cetak barangkali, "katanya.Kamis (28/01/2021) lalu.

Sebelumnya, Inspektur Pembantu III Inspektorat Sumenep, ASIS MUNANDAR, menyarankan warga untuk melaporkan temuannya itu secara formal kepada Bupati, agar Inspektorat bisa melakukan langkah Penyelidikan.

" Kami punya SOP, untuk bisa menindaklanjuti harus ada laporan resmi ke Bupati, itu sudah kami sepakati kemarin waktu Audiensi, "ujarnya.

Mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) menurut Asis memang harus menyampaikan ke Bupati. "SOP nya begitu mas, dan data harus lengkap dulu, baru kami bisa tindak lanjuti, "tegasnya.

Saat itu, warga melakukan Audiensi ke Inspektorat dan ditemui Inspektur Pembantu III. Mereka menyampaikan adanya temuan dugaan kejanggalan pembangunan di Desa Errabu. Salah satunya pemeliharaan pasar atau kios yang dianggarkan Rp 250 juta pada tahun 2019.

Lebih anehnya lagi, ditahun 2020 masih ada lagi pemeliharaan pasar sebesar Rp 22 juta lebih. Bahkan pemeliharaan pasar atau kios itu, hanya ada bangunan yang berprasasti Pembangunan Gedung Bumdes yang terletak Di Dusun Temor Lele.

Tidak hanya itu, warga Errabu yang ikut audiensi juga mengurai, setelah mengakses Website kemendesa, di anggaran tahun 2018, malah ada pembelian tanah Polindes. Dugaannya lahan yang dibangun Polindes itu tanah pecaton.

Pewarta
Benny H
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts