Ketua PPP Bondowoso : Posisi Bupati Kuat, Tidak Mudah Untuk Dilengserkan

BONDOWOSO
teropongtimur.co.id

Ketua Partai Pendukung Pemerintah Kabupaten Bondowoso, H. Nawiryanto Winarno, mengingatkan Ketua PPP Bondowoso, H. Buchori Mun’im sebagai Partai Pengusung, untuk bertanggungjawab menjaga dan mengawal kebijakan Bupati, agar kebijakan yang dikeluarkan oleh Bupati tidak melanggar ketentuan perUndangan yang berlaku.

Nawiryanto merasa turut prihatin, Pemerintah Kabupaten Bondowoso sudah beberapa kali melakukan pelanggaran terhadap Peraturan PerUndang-Undangan. “sebagai partai pendukung, saya prihatin dan turut bertanggungjawab mengingatkan kepemimpinan KH. Salwa, untuk lebih berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan dan keputusan. Jangan terus menerus melakukan pelanggaran terhadap Peraturan PerUndang-Undangan. Khawaitr ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi saat ini”.

“Sudah berapa kali Pemerintahan salah menerapkan regulasi dan kebijakan, mulai polemik pelanggaran regulasi pengangkatan jabatan komisaris dan direksi PT. Bogem. Mutasi dan promosi pegawai yang melahirkan Hak Interpelasi DPRD. Produk Hukum program Gerakan Tape Manis yang melanggar PP No. 16 tahun 2015 dan Pasal 8 Permensos No. 15 tahun 2017. Polemik pupuk bersubsidi yang saat ini diangkat oleh DPRD dan beberapa kebijakan lain yang penuh kontroversi”. 

Masukan dan saran ini, lanjut Nawiryanto, sebelum diutarakan ke H. Buchori, juga sudah diutarakan langsung kepada Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin di Pendopo Bupati. “Sebelum saya berkomunikasi dengan H. Buchori, sebenarnya saya sudah langsung menyampaikan kepada Bupati, dan saat itu, Bupati didampingi oleh Kabag Hukum Setkab Bondowoso, Ahmad, SH”.

Dalam pertemuan tersebut, kata Nawiryanto, Ahmad terkesan mengabaikan pendapat dan saran, serta menjamin tidak akan ada masalah. “Nggak perlu khawatir, Bupati tidak sendiri, banyak yang mendampingi dan membantu Bupati”.

“Setelah saya sampaikan kritik dan saran langsung ke Bupati, dan respon Kabag Hukum terkesan menyepelekan dan menggampangkan masalah, selanjutnya saya sampaikan juga kepada H. Buchori, agar membantu memberikan masukan dan saran yang sama kepada Bupati”. 

Menanggapi masukan tersebut, Ketua Partai PPP, H. Buchori Mun’im, dengan tegas menyatakan, “Sebagai partai pengusung saja, saya tidak berfikir sejauh sampeyan (H. Nawiryanto Winarno), saya ini sekarang sibuk, jadi tidak berfikir sejauh itu. Saat ini pemerintahan Kh. Salwa Arifin, kuat dan kondusif. Dan saya tidak terlalu bodoh, untuk mengetahui permasalahan yang ada saat ini”.

H. Buchori menambahkan, “sekarang posisi Bupati sangat kuat, karena didampingi orang provinsi langsung. Juga masalah regulasi pemerintahan, Bupati sudah didampungi Kabag Hukum dan tim pemerintah daerah. Jadi tidak mudah, jika ada orang mau melengserkan Bupati. Lihat saja, Bupati Jember yang mau dilengserkan, sampai sekarang tidak bisa”.

Buchori menegaskan, jika ada pihak yang mau melengserkan Bupati itu tidak mudah. “Tentunya Gubernur sudah memilih orang yang tidak sembarangan di Provinsi untuk menjaga Bupati. Jadi tidak mungkin Bupati dapat dilengserkan dengan mudah, atau mendapat sanksi dari pemerintah”. 

Sebagai Ketua Partai yang turut mendukung pemerintah, Nawiryanto Winarno merasa bingung dan tersinggung dengan jawaban H. Buchori. “Saya kenal H. Buchori dulu tidak sombong seperti sekarang ini. Niat saya memberi masukan dan saran agar Bupati tidak salah mengeluarkan kebijakan, tetapi tanggapan H. Buchori sangat arogan, dan menuduh seakan saya atau ada pihak lain berniat mau melengserkan Bupati, dan terkesan menyepelekan pelanggaran karena merasa ada orang kuat provinsi yang mendampingi Bupati”.

Terus terang saya kaget, dengan pernyataan H. Buchori yang keras dan arogan seperti itu. Sebagai orang yang pernah berjuang bersama dalam pemenangan KH. Salwa sebagai Bupati Bondowoso, dan itu tertuang dalam MoU dukungan yang ditandatangani Bupati dan Wakil Bupati. Tetapi H. Buchori sedikitpun tidak menghargai pendapat saya, dan mengkhianati seluruh MoU yang telah disepakti saat pencalonan, pungkasnya. (Tim Teropong)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 087846111212, 085236384228

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 087846111212 dan Telpon / SMS :085236384228

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts