ATM KPM Diduga Dikuasai Pendamping Dan Sak Bansos Tertulis Netto 20 kg ,Isi 15 kg Desa Sapikerep Sukapura


Probolinggo - www.teropongtimur.co.id

Kemelut ada kejanggalan dalam timbangan beras untuk bantuan sosial ( bansos ) BPNT di Desa Sapikerep kecamatan Sukapura menuai pro dan kontra, permasalahan ini bukan kali pertama untuk Desa Sapikerep , namun sudah berjalan dari sekian bulan sebelum berita ini terbit.


Kasun yati Desa Sapikerep saat di tanya masalah tulisan di Sak beras Bansos dan isi bansos tidak sama menjelaskan " ini warga tidak ada masalah walaupun sak bertuliskan netto 20 kg dan ternyata isinya 15 kg, warga tidak keberatan dengan adanya ini. Bahkan warga sudah di kumpulkan oleh pendamping yang di bantu pihak desa untuk Kesepakan bersama agar ATM bantuan untuk di kumpulkan ke pendamping agar tidak hilang " jelasnya Kasun yati yang beranjak pergi untuk tugas di balai desa Sapikerep 


Kejanggalan awal yang di temukan oleh masyarakat Sapikerep yang bernama Andri Sp, yang juga aktifis di salah satu lembaga membeberkan permasalah yang dia temui di Desa Sapikerep.


Andri menjelaskan " permasalahan ini bukan hanya di bulan ini saja, dari bulan sebelumnya memang di sengaja di buat begitu, saya rasa diduga ada unsur kesengajaan untuk manipulasi warga kecil, warga bisa apa hanya menerima dan disini didesa saya ini sudah biasa dan tidak bisa transparan dengan apa adanya, selain itu warga mendapatkan beras 15 kg dan telor 16 biji setelah di timbang kurang dari 1 kg . Jelas Andri


Camat Sukapura Rochmad Widiarto, S.STP. saat di temui media di kantor kecamatan Sukapura mengatakan " kalau masalah bantuan warga yang ada di wilayah kecamatan Sukapura kementrian sosial dari provinsi dan dinsos kabupaten Probolinggo sudah mendatangi Wilayah Sukapura bahkan terjun langsung ke warga. Jika masalah netto yang 20 kg. Saya kurang jelas mungkin akan lebih jelasnya jika konfirmasi langsung dengan agen dan pihak yang paham masalah bansos ini" kata Camat Sukapura .


Dengan di fasilitasi Camat TKSK Irfan Yulianto dan Heri Sebagai agen Datang ke kecamatan untuk memberikan penjelasan ke pada awak media .


Selang beberapa jam Irfan Yulianto datang dan langsung menjelaskan " memang sak itu tertulis netto 20 kg karena tidak ada sak untuk 15 kg. Dan itu berjalan sudah dari Desember 2020.namun sebelum di distribusikan ke warga kami sudah menjelaskan ke warga bahwa ini hanya sak nya tulisan 20 kg namun isinya 15 kg. Kalau masalah ATM  KPM untuk dusun ngeluhsari desa Sapikerep memang ada kesepakatan bersama di pegangan perangkat Desa untuk diserahkan ke pendamping , namun setelah penyaluran bansos tersebut diserahkan ke warga kembali . Jelasnya Anto panggilan akrap TKSK Sukapura.


Heri sebagai agen penyalur bantuan sosial Di wilayah Sukapura mengatakan "masalah sak netto 20 kg tersebut rame karena itu penerima adalah salah satu keluarga mas Andri , sebenarnya tidak ada masalah karena kami sudah menyampaikan ke warga, sudah jelas kok mas, bahkan dari kementrian juga terjun ke warga langsung kurang lebih 10 warga yang sudah di datangi, ini yang di salurkan beras sesuai permintaan warga, beras yang berkualitas bagus dengan Rp 10500 rupiah , dan telor Rp 24000 rupiah. Kalau masalah ATM KPM yang dipegang Perangkat yang kemudian kependamping memang ada kesepakatan bersama di desa , dan ini bukan hanya di desa Sapikerep namun semua di desa Yang ada Wilayah Sukapura." Jelas Heri 


Sampai berita ini di naikan kadinsos Achmad Arif belum sempat di konfirmasi karena saat di hubungi lewat Hand phone bukan di jam kerja,serta pendamping PKH Sapikerep belum bisa di temui.


Rosi Sebagai Koorkab pendamping PKH kabupaten Probolinggo menjelaskan " jika memang masalah ATM KPM yang di pegang pendamping PKH sudah ada kesepakatan dan ada kepercayaan penuh dari warga saya rasa tidak ada masalah, istilahnya ada bukti tertulis apalagi ada rekaman atau semacamnya yang bisa menguatkan dan tidak di salah gunakan saya rasa sah sah saja asal tidak ada unsur pemaksaan dari pihak pihak lain kepada KPM. kalau mengenai BPNT yang bertanggung Jawab penuh adalah TKSK. Jelas Koodinator Kabupaten Rosi.

Pewarta: : Anis

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts