Dirut PDAM Bantah Pernyataan Bupati, Yang Menyatakan "PDAM Ada Hutang, Rugi dan Kemalingan"


BONDOWOSO – teropongtimur.co.id – Dirut PDAM, April Ariesta Birawa, membantah jika Bupati Bondowoso KH, Salwa Arifin, tanggal 10 Maret 2021 lalu menyatakan, “Sejak saya menjabat Wabup sampai jadi Bupati, enggak ada ceritanya PDAM berprestasi, adanya hutang, rugi, kemalingan”.

Menurut April Ariesta Birawa, itu bukan penjelasan Bupati. Menurutnya, itu penjelasan waktu beliau masih menjabat sebagai Wabup sikitar tahun 2005.

“itu penjelasan waktu beliau (Bupati KH. Salwa Arifin) masih menjabat sebagai Wabup sekitar tahun 2005, diplintir beritanya, kalau pingin jelas ke PDAM”, tegas Ariesta Bhirawa

Seperti dipublikasikan sebelumnya oleh beberapa media online, Bupati KH. Salwa Arifin, mendatangi Kantor PDAM Jl. Mastrip, pada Tanggal 10 maret 2020. Kedatangan Bupati dalam rangka pembinaan karyawan PDAM.

Sambutan Bupati di acara tersebut, telah direkam oleh beberapa redaksi media online sebagai bukti dasar pemberitaan. Bupati Salwa blak-blakan mengatakan, selama ini dirinya tidak pernah melihat hasil prestasi PDAM, juga tidak pernah melihat untung, yang ada hanya rugi.

“Sejak saya menjabat Wabup sampai jadi Bupati, enggak ada ceritanya PDAM berprestasi, adanya hutang, rugi, kemalingan,” Kata bupati, dihadapan Dirut PDAM dan seluruh karyawan.

Tak hanya itu, Bupati, Salwa Arifin juga menyatakan, “baru 64 persen yang dicapai dalam memenuhi kebutuhan air di masyarakat. PDAM terus bekerja keras untuk mencapai prestasi dalam melayani kebutuhan masyarakat. Selama ini Banyak problem, kehilangan barang, hilang ininya, hilang itunya,” tutur Bupati

Usai acara kunjungan Bupati, Dirut PDAM Bondowoso April Ariesta Bhirawa dalam konfirmasinya menyatakan, “kedudukan Bupati di PDAM sebagai KPM (kuasa pemilik Modal) jadi apa yang dilakukan oleh PDAM itu harus persetujuan Bupati. Kami sadar pelayanan kami belum sempurna, akan tetapi bagaiamanapun juga, kami berusaha meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” papar April Ariesta Bhirawa..

“Saya sangat berharap perhatian dari Pemkab, dari DPRD, bagaimana kedepan PDAM bisa menjadi perusahaan yang sehat,” pungkas April Ariesta Bhirawa. 

Ketua LSM Teropoong, H. Nawiryanto Winarno, SE, menanggapi bantahan Dirut PDAM April Ariesta Bhirawa atas pernyataan Bupati KH. Salwa Arifin, dan tuduhan bahwa media telah “memelintir” berita. “Berita yang telah tayang, sudah sesuai dengan rekaman pemaparan Bupati dalam rangka pembinaan karyawan PDAM, 10 Maret 2021. Tidak ada yang memelintir berita, berita sudah sesuai dengan faktanya dan bukti rekaman”.

Lebih lanjut, Nawiryanto, membenarkan pernyataan Bupati bahwa PDAM memang ada hutang, rugi dan kemalingan. Dirut PDAM juga jelas menyatakan “kedepan PDAM bisa menjadi perusahaan yang sehat“, itukan berarti saat ini Dirut PDAM Bondowoso, mengakui saat ini PDAM tidak sehat”.

“LSM Teropong, juga mempublikasikan data Laporan Evaluasi Kinerja PDAM oleh BPKP, yang diterbitkan dalam Buku Kinerja BUMD SPAM Wilayah II, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum”.

“Dari data yang di peroleh LSM Teropong, kinerja PDAM Bondowoso dari tahun 2015 sampai dengan 2019, memang sesuai dengan pernyataan Bupati. Apalagi jika dibandingkan dengan Kabupaten Situbondo, PDAM Bondowoso sangat jauh tertinggal dari segi efisiensi dan laba PDAM”, jelas Nawiryanto.

Dirut PDAM Bondowoso masih berdalih, lanjut Nawiryanto, “PDAM Situbondo pelanggannya banyak perusahaan, sedang di Bondowoso lebih banyak dari pelangan rumah tangga. Mau pelanggan perusahaan atau rumah tangga, kan pembayaran rekening sesuai dengan tarif dan pemakaian. Memangnya kalau perusahaan harus bayar lebih mahal dari pelanggan rumah tangga”.

“Jadi alasan Dirut PDAM Bondowoso, sangat tidak masuk akal dan hanya terkesan menghindar dari permasalahan, dan hanya mencari pembenaran. Belum lagi, kalau kita bicara, faktor adanya pemborosan biaya. Contoh Pegawai PDAM yang berjumlah 126 orang, harga pokok produksi yang sangat tinggi, biaya pemeliharaan hampir 4 kali lipat dari PDAM Situbondo”, pungkas Nawiryanto. (Tim Teropong)

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts